YTHP Wamena Membutuhkan Tenaga Para Legal

YTHP Wamena Membutuhkan Tenaga Para Legal

Wamena-Menyikapi kebutuhan pendampingan hukum yang semakin mendesak dari masyarakat yang mengalami keterbatasan akses terhadap keadilan maka Yayasan Teratai Hati Papua(YTHP) pimpinan Pastor Jhon Jonga,Pr merencanakan pelatihan Para Legal.

“Hal ini harus dimulai dengan memperkuat sumber daya yang kami miliki,”Ujar Felix, koordinator YTHP di wilayah Pegunungan Tengah(15/02/2014).

YTHP kemudian melakukan langkah pertama untuk mempertajam kemampuan investigasi dan pendokumentasian.

“Sebenarnya kemampuan teman-teman di sini untuk melakukan kerja investigasi, turun lapangan sudah sangat baik.Data-data yang merupakan fakta yang kita miliki sudah sangat banyak. Namun kemampuan untuk mengetahui hukum praktis yang masih kurang,” jelasnya.

Felix menyadari pentingnya untuk melakukan peningkatan kemampuan dan ketrampilan mengenai hukum agar peran YTHP makin maksimal.

 “Kita butuh para legal, tentu semaunya tidak mesti jadi para legal tapi mari kita refleksi kemampuan masing-masing dan tentukan pilihan untuk fokus menjalankan program,” lanjutnya.

YTHP menurutnya akan mencetak Para Legal sesuai dengan wilayah masing-masing di Pegunungan Tengah yang akan dimulai dengan wilayah sekitar Wamena. Sementara ini YTHP sedang menjalankan program Pendampingan mama-mama penjual pinang dan pendokumentasian dalam bentuk buku dan film yang diberi judul “Papua Bercerita”.(Tim/AlDP)

  • laurent mayasari

    Saya sangat menyambut baik Yayasan yang Pater John buat. Apabila Yayasan bersedia, saya mendukung yayasan ini dengan training dan modul para legal yang menjadi misi saya juga. dan saya sudah beberapa kali membuat training ini di papua