Warga Yakonde Prihatin Hutan Sagu Mulai Habis

Warga Yakonde Prihatin Hutan Sagu Mulai Habis

Hutan Sagu

Jayapura – Semakin langkanya keberadaan habitan hutan sagu membuat sejumlah tokoh masyarakat Kampung Yakonde distrik Waibu Kab Jayapura berinisiatif untuk menjaga hutan sagu dengan membuat peraturan kampung.

Nantinya peraturan kampung  diharapkan bisa menjaga dan melindungi hutan sagu yang semakin lama semakin punah akibat adanya pembangunan. Hal tersebut diungkapkan kepala Kampung Yakonde Kostan Daimoi pekan lalu kepada AIDP Online.

Masyarakat kampung Yakonde telah sepakat melalui peraturan kampung yang sudah disyahkan agar tidak menjual tanah dan tidak membangun dalam bentuk apapun di wilayah hutan sagu.

“Kami sudah bersepakat akan menjaga hutan sagu dan tidak ada pembangunan apapun di wilayah hutan sagu, “ ungkap kepala kampung Yakonde.

Menurutnya sekarang ini di Kabupaten Jayapura sudah banyak hutan sagu yang menjadi korban pembangunan. Walaupun sebenarnya sudah ada perda tentang perlindungan hutan sagu. Seperti halnya di wilayah Sentani Timur hutan sagu sudah banyak yang hancur karena ada pelebaran jalan.

Sebenarnya tidak harus dengan memusnakan pohon sagu yang sudah tumbuh besar. Harusnya tetap dijaga dengan baik walaupun ada pelebaran jalan. “Tidak dengan merusak hutan sagu, tetapi tanah galian bisa dibuang ditempat lain atau ditumpuk di sekitar sagu dengan tidak merusak pohonnya,“ ungkapnya.

“Kalau ada masyarakat yang akan membangun di wilayah sagu kami akan melarang dengan menunjukan peraturan yang sudah disepakati,” ungkapnya. (Tim/AIDP)