Warga  Raimbawi Mendambakan Puskesmas

Warga Raimbawi Mendambakan Puskesmas

Yapen – Sesuai RKA Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2012 maka akan dibangun Puskesmas di Waindu ibukota Distrik  Raimbawi.

Menurut kepala Dinas kesehatan kepulauan Yapen, Maria Tanawani M. Kes, pembangunan sudah dimulai sejak bulan Mei 2012. Ada rumah kopel pegawai kesehatan, rumah dokter dan bangunan Puskesmas. Rumah dokter sudah hampir jadi menyusul rumah untuk tenaga kesehatan sementara bangunan Puskesmas baru saja dimulai.

Amon Injoroweri, mantan kepala kampung Waindu mengatakan, “Ini adalah hasil perjuangan kita semua”. Katanya pada tahun 2011 masyarakat Waindu dibantu oleh LSM KIPRa Papua membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) ,salah satu daftar program adalah pendirian Puskesmas.

Di tempat terpisah, kepala distrik Raimbawi juga telah bersusah payah untuk memperjuangkan pembangunan Puskesmas saat Musrenbang di Kabupaten.

Masyarakat, kepala kampung maupun kepala distrik berargumentasi bahwa warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena petugas kesehatan (mantri) sering tidak berada ditempat. “Sehingga kami terkadang harus berobat ke Puskesmas Dawai di Distrik Yapen Timur”.(09/07/2012).

Dengan adanya Puskesmas di Waindu diharapkan akan mempermudah warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal senada juga disampaikan seorang warga Raimbawi, Yohanis Injoroweri.  Katanya, ”sarana ini akan membantu warga sekitar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bukan saja warga distrik Raimbawi tapi juga mereka yang berasal dari pulau (distrik Kepulauan Kurudu-Red)”. .(04/AIDP)