Berita

Wakapolda: Tidak ada Alasan Untuk Tidak Mengungkapkan Kasus Kejahatan

Wakapolda Papua Paulus Waterpauw

Jayapura-“Akhir-akhir ini di Papua sudah terjadi kejahatan dengan berdimensi ancaman tinggi,” ungkap Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw sebagai salah satu narasumber pada acara Papua Lawyer Club(09/06/2012). Bahkan lanjutnya, “Jayapura ini nyaris menjadi kota yang tidak bisa dikendalikan”.

Awalnya jenderal asal Kaimana ini berbicara cukup hati-hati saat sebagai pembicara pertama. Waterpauw mengatakan kejahatan di Papua merupakan salah satu fenomena kota besar. Kejahatan dilakukan dengan pola yang berbahaya dan mempengaruhi keamanan dari masyarakat. Disadari bahwa upaya pencegahan yang dilakukan oleh polisi terus meningkat tapi upaya kejahatan juga meningkat.

Lanjutnya,” persoalan ini bukan persoalan kepolisian saja, adalah menjadi tanggungjawab kita untuk melihat persoalan ini”. Waterpauw juga meminta agar masyarakat membantu dan mendorong aparat kepolisian untuk terus bekerja mengungkapkan kejahatan.

Pihaknya menyadari besarnya harapan masyarakat terhadap kepolisian untuk mengungkapkan berbagai kasus kekerasan di Papua.” Di setiap apel pagi, saya katakan, kita ada untuk rakyat.Tidak ada alasan untuk tidak menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat”. Polda telah menangani berbagai peristiwa kriminalitas termasuk konflik komunal dan konflik dampak pemilukada. Ada penggunaan kekerasan, mobilitas massa yang tinggi dan kepentingan pemodal.

Khusus terhadap beberapa kasus belakangan ini, “Polda sudah menangkap dan menahan beberapa orang untuk beberapa kasus kekerasan dan sedang melakukan pendalaman dan pengembangan penyeelidikan. Tidak saja terhadap tersangka yang diduga terlibat pada peristiwa tanggal 1,2 , 22 dan 29 Mei tetapi juga pada peristiwa tanggal 4 juni dan lainnya,” katanya.

Termasuk kasus penembakan terhadap warga asing, menurutnya polda sudah menangkap supir mobil tersebut. Ada 3 orang yang ditangkap beberapa hari lalu, 1 di kota Jayapura dan 2 di Sentani.” Sindikat ini akan kami ungkap,” janjinya.

Sekali lagi Wakapolda menegaskan,” Tidak ada alasan untuk tidak mengungkapnya. Partisipasi aktif masyarakat diperlukan”.(Tim/AlDP).