Usulan Grasi Meki Elosak dkk Sudah di Setneg, Harus Dipantau

Usulan Grasi Meki Elosak dkk Sudah di Setneg, Harus Dipantau

Jayapura-Setelah menjalani proses yang panjang sejak dari Lembaga Pemasyarakatan(LAPAS) Wamena, berkass usulan Grasi atas nama Meki Elosal dkk, sudah sampai di kantor Sekretariat Negara di Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Kadiv Pas Kanwil Hukum dan HAM provinsi Papua, Johan Yarangga S.Sos kanwil Hukum dan HAM Provinsi Papua pekan lalu.

“Surat sudah diteruskan ke Setneg,” Ujarnya sambil menunjukkan surat bernomor : PAS.7-Pk.01.01.02-5030, surat tersebut ditujukan kepada Asisten deputi Kementrian Sekretariat Negara tertanggal  17 Juni 2014.

Menurutnya dengan demikian seluruh proses selanjutnya akan dilakukan oleh kantor  Setneg untuk mendapat jawaban dari presiden Ri,

“Isinya ditolak atau dikabulkan,” jelasnya.

Dirinya juga menyarankan agar pihak penasehat hukum atau keluarga turut memantau surat tersebut, setidaknya dapat menanyakan langsung ke kementrian Sekretariat Negara.

Meki Elosak dkk didakwakan melakukan tindak pidana melanggar pasal 106 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP  atas nama pelaku Obeth Kosay, Toebaga Kilungga, Wombi Tabuni, Wiki Meage, Pdt. Ali Jikwa alias Ali Wenda dan Meki Tabuni sedangkan Oskar Holago, Meki Elosak, dan Peres Tabuni didakwa melanggar pasal 2 ayat (1) UU Darurat No.12 tahun 1951. Mereka diputus 8 tahun penjara.

Pada tahun 2012 , 5 orang dari mereka ikut melarikan diri pada saat terjadi pelarian besar-besaran di Lapas Wamena dan sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.(Tim/AlDP).