Untuk Pendampingan Hukum YTHP Dapat Bekerjasama Dengan Pengacara

Untuk Pendampingan Hukum YTHP Dapat Bekerjasama Dengan Pengacara

Wamena-Anum Siregar, Direktur AlDP sependapat dengan pernyataan yang disampaikan oleh Felix, Koordinator YTHP di Wamena bahwa pentingnya ada para legal untuk membantu masyarakat mengatasi akses terhadap keadilan.

“Di Wamena ini terlalu banyak kasus yang dihadapi oleh masyarakat dan saampai saat ini pendampingan hukum aksih sangat terbatas,” Ujar Anum saat mengikuti diskusi yang diselenggarakan oleh YTHP di rumah Bina Wamena(15/02/2014).

“Pendamping hukum seperti Para L:egal atau lebih baik lagi kalau ada pengacara adalah sangat penting untuk memberikan pemahaman dan penguatan terhadap masyarakat tentang kewajiban dan hak-haknya saat menghadapi proses hukum”.

“Juga untuk melakukan ‘kontro’l terhadap peran-peran yang dilakukan oleh pihak kepolisian sebab orang yang tidak mengetahui haknya berpeluang untuk diperlakukan semena-mena atau tidak tahu bagaimana cara memperjuangkan haknya. Atau sebaliknya, merasa diperlakukan tidak adil ketika kewajibannya tidak dijelaskan dengan baik,” jelas Anum.

“Para Legal yang ada atau orang-orang yang menjalankan sebagian fungsi Para Legal seperti Theo atau Patriks sangat terbatas di sini. Malah di sini tidak ada pengacara. Kondisi ini sudah terjadi sejak belasan tahun yang lalu. Makanya jika suatu kasus sampai diproses hukum, biasanya pengacara dari Jayapura yang datang ke sini,” katanya serius.

Menurutnya YTHP dapat memaksimalkan perannya untuk membantu masyarakat yang memerlukan pendampingan hukum.

“Jangan berpikir karena tidak ada pengacara terus tidak bisa bantu proses hukum. YTHP mulai dulu dengan memperkuat sumber daya untuk menjadi Para Legal sebagai pintu pertama atau ujung tombak setelah itu dapat membangun kerjasama dengan organisasi yang memiliki pengacara ataupun pengacara individu yang masih memiliki komitmen untuk membantu, maka pendampingan bisa jalan,” pesannya..(Tim/AlDP)