Berita

Tradisi Dalam Rumah Inisiasi Sudah Ditinggalkan

Keerom-Maraknya aksi kriminalitas akibat miras di Arso Kota menuntut tanggungjawab pimpinan lembaga adat di kab Keerom.

“Rumah inisiasi untuk membantu dan memberikan pemahaman-pemahaman positif bagi laki-laki dewasa sudah tidak berfungsi lagi,” protes mama Seravina Tuamis yang terkenal energik dan seniman di Keerom.(06/06/2012).

Seravina lantas menyalahkan laki-laki sebagai pemimpin adat karena tidak lagi meneruskan tradisi rumah iniasiasi. “bagaimana bisa melindungi dan menyelamatkan anak muda. Kita harus cari jalan keluar daripada kita biarkan itu artinya kita terima”.

Dulu laki-laki yang sudah dewasa tinggal di rumah inisiasi, meskipun sudah menikah, ’Setiap malam mereka harus berkumpul dan tidur di rumah inisiasi” Ujar Bernard Nauryager kepala kampung Arso Kota. Pertemuan diantara mereka digunakan untuk sharing dan saling menasehati terutama terhadap laki-laki yang masih muda sehingga ada pendampingan  dari orang-orang tertentu.

“Selain itu sanksi terhadap mereka juga cukup keras, orang tahu setiap jenis kejahatan ada jenis hukuman yang diberikan dan tidak akan mengulangi lagi”, tambahnya. Namun yang ada sekarang lebih banyak interaksi yang buruk antara laki-laki yang sudah dewasa dengan anak-anak remaja.

Masyarakat berpendapat sanksi adat harus kembali menjadi rujukan untuk beberapa permasalahan di kampung Arso Kota yang tidak mampu diselesaikan dengan hukum positif apalagi mereka sangat prihatin dengan kinerja yang dilakukan aparat penegak hukum di kab Keerom.

“Kita harus menata kembali adat dan memperbaiki kekurangannya sehingga dapat membantu penegakan hukum di kampung,” Ujarnya. Hukum adat harus tetap dipraktekan untuk mengembalikan situasi kehidupan yang tidak seimbang. Masyarakat harus bersatu kembali, mau terlibat aktif dalam pertemuan yang bertujuan menyelesaikan permasalahan di kampung. “Tidak perlu harus pakai undangan, pemberitahuan dari rumah ke rumah, dari orang-orang tertentu, datang tepat waktu dan saling menghargai untuk meyelamatkan kampung kita,”tegasnya.(Tim/AlDP).