TPS di Sogokmo, Gunakan Sistem Noken

TPS di Sogokmo, Gunakan Sistem Noken

Wamena-Seperti yang sudah diduga sebelumnya, pemilihan calon legislatif(caleg) dengan menggunakan sistem noken terjadi juga di beberapa tempat termasuk di kabupaten Jayawijaya.

“Kami pakai sistem noken karena di sini masyarakat tidak tahu pakai kotak suara dan bingung pilih caleg,” Ujar petugas KPPS di TPS 1 desa Sogokmo distrik Asotipo kabupaten Jayawijaya.(09/04/2014).

Masyarakat yang datang ke lokasi TPS, tidak membawa Surat undangan atau identitas diri, mereka langsung diterima oleh petugas, diberikan surat suara dan memasukan surat suara ke noken yang sudah ditunggui oleh saksi.

“Noken yang ada itu noken dari caleg di daerah sini,” Ujarnya lagi.

Hanya ada lima noken dari lima orang caleg yang ada di daerah sekitar Asotipo atau setidaknya di Dapil 2 kabupaten Jayawijaya.

Terlihat ada saksi dari PKS, PKB dan partai Demokrat masing-masing satu noken dan dua noken lagi dari caleg Golkar sehingga jumlahnya pas ada lima noken.

Pemilih yang sudah mengenal saksi dari caleg akan dengan langsung memasukan surat suara ke dalam noken yang dituju sedangkan pemilih yang masih ragu-ragu atau tidak tahu, akan bertanya, kemudian petugas KPPS menunjuk noken dan saksi.

Setelah memasukan surat suara ke dalam noken, saksi akan menanyakan identitas dari pemilih. Setelah itu pemilih melenggang keluar, tidak ada tinta untuk mencelupkan jarinya di pintu luar. Di TPS itu, pemilih hanya memilih caleg untuk DPR kabupaten. Jumlah surat suara sebanyak 400 lembar namun yang mendatangi TPS tidak lebih dari 100 orang.(Tim/AlDP).