Tim Koalisi Karubaga Tolikara,Usai Lakukan Investigasi

Tim Koalisi Karubaga Tolikara,Usai Lakukan Investigasi

Wamena-merespon kejadian di Karubaga Tolikara tanggal 17 Juli 2015,  jaringan LSM dan komponen agama melakukan investigasi  di karubaga Tolikara.

“Kami membentuk tim koalisi yang sifatnya independen untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai peristiwa tersebut, juga isu-isu terkait dan akan memberikan rekomendasi,” Ujar Theo Hasegem, Ketua Jaringan Advokasi  Hukum dan HAM yang ditunjuk  sebagai ketua Koalisi.(19/07/2015).

Tim koalisi melakukan pendataan awal sejak di Jayapura, Wamena hingga ke Karubaga Tolikara.

Menurutnya informasi yang tepat sangat diperlukan untuk menjelaskan peristiwa yang sebenarnya sehingga semua pihak dapat memahami dan merespon dengan cara yang tepat pula.

Usai melakukan investigasi sekitar 4 hari di Karubaga Tolikara, Tim Koalisi belum mengeluarkan temuan mereka meski sudah banyak hal yang mereka dapatkan.

Tim juga mengakui kalau sudah melakukan wawancara kepada semua narasumber yang sudah dijadwalkan sebelumnya seperti Presiden GIDI, pengurus Wilayah GIDI, Panitia dan Pemuda GIDI,  Bupati anggota DPR, Kapolres Tolikara,Dandim  juga korban kebakaran dan korban penembakan.

“Kami masih harus mengumpulkan data,menganalisa data yang didapat. Kami butuh waktu. Banyak temuan dan juga peristiwa yang kami lihat sendiri pada saat melakukan investigasi,” jelasnya.(23/07/2015).

Tim Koalisi saat berada di Karubaga Tolikara ikut melihat kehadiran Mendagri saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan sementara Mushola di halaman Koramil, termasuk kehadiran Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.(Tim/AlDP).