Tidak Ada Pilihan, Pendekatan Tanpa Kekerasan Adalah Dialog

Tidak Ada Pilihan, Pendekatan Tanpa Kekerasan Adalah Dialog

Jayapura-Pada evaluasi akhir tahun AlDP, yang menjadi perhatian utama dari Badan Pendiri dan Badan Pengurus AlDP adalah keterlibatan AlDP dalam mengkampanyekan gagasan dialog sebagai pendekatan penyelesaian masalah di Papua.

“AlDP harus dapat menilai sejauhmana perjalanannya ketika turut mengkampanyekan gagasan dialog bersama JDP,” ujar Theo Van Den Broek.(06/02/2014).

Menurutnya, dialog harus mutlak diperjuangkan karena kekerasan terus datang.

“Tidak ada alternatif kekerasan, kekerasan bukan pilihan untuk menyelesaikan konflik di Papua, “ katanya.

Dirinya menyarankan, ketika melakukan refleksi terhadap upaya untuk mengkampanyekan gagasan dialog, perlu juga memperhatikan keterlibatan AlDP bersama Jaringan Damai Papua (JDP). Apalagi AlDP secara khusus menjalankan mandat untuk memperluas dukungan gagasan dialog di komunitas non Papua.

Baik AlDP maupun JDP melakukan evaluasi terhadap perjalanannya selama ini untuk tetap memperkuat gagasan dialog.

“Mungkin ada kebutuhan untuk membuat strategis baru dari pendekatan dialog. Yang jelas pada kondisi sekarang ini justru pendekatan dialog yang sangat dibutuhkan”.

Menurutnya gagasan ini perlu diperluas ke berbagai pihak dengan memperhatikan kepentingan berbagai pihak tersebut. Baik untuk pemerintah ataupun masyarakat sipil, termasuk terhadap orang-orang yang hidup dalam komunitas tertentu, misalnya di kampung-kampung.

“Oleh karena itu, dialog juga perlu dikaitkan dengan keadaan konkrit dari orang-orang di berbagai kalangan  termasuk di kampung-kampung.

Selain terus mengkampanyekan pendekatan dialog dengan berbagai strategi dan melibatkan multi stkaholders, agenda kerja AlDP tahun 2014 masih berfokus pada pendampingan terhadap Tapol/Napol dan Penguatan Lembaga Pemasyarakatan, pendampingan masyarakat adat serta monitoring terkait isu keamanan, aksi kekerasan dan  Pemilihan Umum.

Evaluasi tahunan AlDP dihadiri oleh Badan Pendiri, Badan Pengurus dan Badan Pelaksana secara lengkap.(Tim/AlDP).