Septinus Wanowai Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Septinus Wanowai Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Serui-Penasehat hukum tersangka kasus Sasawa – Serui 01 Februari 2014 mendampingi Tersangka Septinus Wanowai (20/03/14) untuk pemeriksaan tambahan. Sebelumnya Septinus dan 6 (enam) Tersangka lainnya telah melalui proses pemeriksaan awal oleh penyidik Polres Kabupaten Kepulauan Yapen di Serui..

Septinus Wanowai (19) tahun adalah salah satu tersangka dari kasus Sasawa  yang diduga oleh pihak kepolisian sebagai orang yang terlibat dalam kasus tersebut.

“Sehari-harinya Septinus bekerja sebagai buruh pikul kayu di base camp perusahaan kayu yang berada di kampung Sasawa. Dia tidak menyelesaikan sekolahnya, hanya sampai kelas 4 sekolah dasar (SD),” Ujar corry Silpa SH, salah satu Penasehat hukum tersangka.

“Septinus dipanggil kembali oleh Polres Serui untuk menjalani pemeriksaan tambahan karena padat saat pemeriksaan awal kami pihak  Penasehat hukum belum mendampinginya sama seperti 6 tersangka lainnya”.

Lanjutnya, “Septinus  diperiksa pada hari yang berbeda dengan 6(Enam) orang tersangka lainnya karena sebelumnya Septinus telah mendapatkan penangguhan penahanan. Sehingga pemeriksaan kemarin itu, dia tidak ada berada di Polres. Baru hari ini  dia mendapatkan giliran untuk pemeriksaan”.

Menurut Yusman Conoras SH yang juga tim penasehat hukum, pihaknya mendapatkan informasi dari Polres Serui bahwa penangguhan penahanan Septinus dilakukan atau dikabulkan oleh pihak Polres setelah pihak Polres menerima surat permohonan penangguhan penahanan dari Bupati Kabupaten kepulauan Yapen.

“Dia di keluarkan sekitar seminggu yang lalu dan tetap harus melaksanakan wajib lapor setiap hari”..

Septinus bersama dengan 6 tersangka lainnya ditangkap oleh Polres Kabupaten kepulauan Yapen di Serui  pada tanggal 01 Februari di kampung Sasawa Distrik Kosiwo. Mereka diancam dengan pasal 106 KUHP JO Pasal 53 KUHP dan atau pasal 108 KUHP dan UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam.(Tim AlDP)