Tersangka Sasawa Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Tersangka Sasawa Menjalani Pemeriksaan Tambahan

Jayapura-Penyidik kepolisian Resor Kepulauan Yapen kembali melakukan pemeriksaan tambahan terhadap 6 orang Tersangka kasus Sasawa tanggal 1 Pebruari 2014. Mereka adalah Salmon Windesi, Peneas Reri, Kornelius Woniana, Obeth Kayoi, Rudi Otis Barangkea, dan Jimmi Yeremias Kapanai.

Keenam Tersangka diduga melakukan makar sebagaimana rumusan Pasal 106 KUHP Jo Pasal 53 KUHP dan atau Pasal 108 KUHP.

“Mereka juga dikenakan UU Darurat  No. 12 tahun 1951 tentang senjata tajam, jadi kena pasal berlapis,” Ujar Yusman Conoras SH saat mendampingi mereka di Polres Kepulauan Yapen, Serui pekan lalu.

Pemeriksaan dilakukan secara marathon dari pagi hingga malam hari.

“Prinsipnya tidak ada informasi yang baru, hanya pengembangan dari pemeriksaan sebelumnya terutama terkait dengan keterlibatan mereka pada saat kegiatan di Sasawa. Ini untuk melihat kualifikasi perbuatan mereka,” jelasnya lagi.

Menurutnya selain pengembangan pemeriksaan, penyidik juga sedang memeriksa saksi ahli sesuai dengan catatan yang disampaikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Kepulauan Yapen.

“Kami sudah menyampaikan berkas para Tersangka ke Kejaksaan Negeri tetapi masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi lagi, jadi dikembalikan. Sehingga kami mengembangkan kembali pertanyaan dari pemeriksaan sebelumnya,” demikian penjelasan dari AIPDA Sapto Swastomo, penyidik dari Polres Yapen.

Dirinya memastikan bahwa dalam waktu dekat, berkas sudah rampung dan akan diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Kepulauan Yapen.(Tim/AlDP).