Tersangka Peristiwa Kampung Sasawa Menjalani Pemeriksaan Kembali

Tersangka Peristiwa Kampung Sasawa Menjalani Pemeriksaan Kembali

Serui-“Sejak hari rabu hingga Jumat ini, kami mendampingi pemeriksaan Tersangka untuk kasus Sasawa tanggal 1 Pebruari 2014,” Ujar  Yusman Conoras SH usai mendampingi pemeriksaan di Polres Serui,(21/03/2014).

Yusman Conoras SH melakukan pendampingan bersama dengan Cory Silpa, SH keduanya Penasehat Hukum dari AlDP, untuk menangani kasus di Serui, AlDP melakukan koalisi dengan LBH Papua.

“Sebelumnya para Tersangka sudah diperiksa, saat belum didampingi, kemudian setelah tim ada, dilakukan pemeriksaan kembali,” jelasnya.

Tersangka yang yang menjalani pemeriksaan sebanyak 6 orang untuk peristiwa Sasawa yakni Salmon Windesi, Peneas Reri, Jimmi Yermias Kapanai, Cornelius Woniana, Obeth Kayoi dan Rudy Ottis Barangkea.

“Mereka yang ditahan, sedangkan Septinus sudah ditangguhkan tapi masih wajib lapor dan menjalani pemeriksaan kembali jadi kami juga dampingi, ‘Ujarnya lagi

Yusman juga menjelaskan bahwa kedua klien mereka untuk kasus di Angkaisera tanggal 28 Pebruari 2014 yakni Agus Wondiwoi dan Piter Merani sudah ditangguhkan.

“Sebagaimana pernyataan Kapolres Yapen pada minggu sebelumnya saat bertemu dengan tim kami(Anum Siregar) bahwa mereka akan ditangguhkan”.

Yusman berharap agar pemeriksaan di kepolisian berjalan lancar dan proses persidangan dapat dipercepat.

Salmon Windesi dkk diduga melakukan makar sebagaimana rumusan Pasal 106 KUHP Jo Pasal 53 KUHP dan atau Pasal 108 KUHP dan UU Darurat  No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam.(Tim/AlP).