Terkait Kasus Lani Jaya, Empat Orang Ditahan Di Polres Jayawijaya

FOTO_10Wamena-Imbas dari konflik antara aparat keamanan dan kelompok Enden wanimbo di Lani Jaya, pada hari Rabu, 05Agustus 2014 Pukul 15.00 ; 6 orang warga sipil ditangkap di rumah mereka di Sinakma Distrik Wamena Kota. Adapun warga yang ditangkap antara lain Areki Wanimbo, Denny Dou, Enius Wanimbo, Yorius Wanimbo, Esau Wanimbo, dan Dyius Wanimbo.

Menurut keterangan pihak keluarga, mereka ditangkap sesaat setelah dua orang turis datang ke rumah mereka untuk tujuan membeli madu. Areki Wanimbo yang juga Ketua Dewan Adat Papua wilayah lani ini ditanyai tentang hubungannya dengan kelompok Enden Wanimbo.

Sementara itu Kapolres Jayawijaya Adolf Rudi Beay, S. Ik, s. E yang ditemui di kantornya malam tadi menerangkan bahwa ini baru tahap interogasi. Kepolisian mencurigai adanya hubungan yang kuat antara orang yag ditangkap dengan kelopok Enden Wanimbo dan juga kedua turis asing. Kedua turis tersebut juga sedang diinterogasi di ruangan yang berbeda. “Jika ada keterangan yang mengarah kepada pelanggaran hukum maka statusnya akan ditingkatkan ke penyidikan. Di situ nanti baru kita tanyakan mereka menggunakan kuasa hukum atau tidak. Hak-hak mereka pasti kita jamin” kata Kapolres.

Tiga dari keenam warga sudah dilepaskan yaitu Enius Wanimbo, Esau Wanimbo dan Datius Wanimbo. Patricio Wetipo, paralegal yang sedang mendampingi ketiga orang tersebut pada Kamis, 06 Agustus 2014 mengatakan bahwa pihak Kepolisian sudah membuat BAP dan sudah ditandatangani oleh ketiga warga yang ditahan, berbeda dengan yang disampaikan Kapolres malam tadi. Sementara itu, Akhy Logo warga yang diketahui sebagai penerjemah dari kedua turis itu juga saat ini ikut ditahan dan juga telah menandatangani BAP sedangkan dua turis asing rencananya akan dikeluarkan hari ini. Pihak keluarga dari keemapt orang yang masih ditahan sudah meminta bantuan pendampingan hukum dari kantor Aliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP) di Jayapura. Mereka juga berharap anggota keluarga mereka segera dibebaskan.(ASR/AlDP)