Tak Dibekali Dengan Pengaman Kerja, Frengky Malah Dipecat

Tak Dibekali Dengan Pengaman Kerja, Frengky Malah Dipecat

Jayapura.-“Sesuai dengan prinsip kerja dalam sebuah pekerjaan, harus dibarengi dengan prinsip-prinsip kerja. Misalnya, untuk prinsip kerja Hygiene Sanitasi Makanan yang harus dipenuhi, dimana ada tahapannya yakni, penyediaan bahan, pemilihan bahan, penyimpanan bahan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan dan pendistribusian makanan,” kata Frengky Kaambu karyawan Pangansari Utama, di Pengadilan Negeri Jayapura(18/03/2014).

“Namun, yang terjadi pada Perusahan PT.Pangansari Utama, dimana saya selaku karyawan dalam melakukan pekerjaan pengorengan atau pengolahan bahan makan, tidak dibekali dengan alat pelindung kerja dari standart safety shoes”.

Lanjutnya,”Dalam melakukan pekerjaan sehari-sehari sebagai koki di Pangansari Utama, saya selalu mengunakan sandal dalam melakukan pengorengan makanan untuk penyediaan makan buat karyawan PT Freeport dan pengunjung yang datang di Perusahan PT. Pangansari Utama yang beralamat di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika”

Menuurt Frengky, kondisi pekerjaannya diketahui oleh orang lain,  namun berdampak besar ketika sedang dilakukan inspeksi.

“Pak Izack dalam inspeksinya di area hotel PPH,  menemukan di dapaur, seorang karyawan yang berkerja dengan memakai sandal jepit. Bukannya, memberikan tambahan fasilitas terkait alat pelindung kerja dari penemuan itu, malah pihak perusahan PT.Pangansari Utama memberikan surat gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja (PHK),” katanya kecewa.

Berdasarkan surat tersebut, Frengky melakukan gugatan dan  memohon kepada majelis hakim pengadilan hubungan industrial pada Pengadilan Negeri Kelas 1A Jayapura untuk memeriksa dan mengadili perkaranya.

“Saya ingin keadailan,”Ungkapnya. (RM/AlDP)