Tak ada Ruang Khusus Bidan Masyarakat Bangun Sendiri

Tak ada Ruang Khusus Bidan Masyarakat Bangun Sendiri

Jayapura-Pos Kesehatan Kampung Nembusari Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura sebelumnya tidak memiliki ruang khusus untuk bidan. Sehingga pelayanan untuk masyarakat terganggu karena tidak ada fasilitas yang cukup memadai untuk digunakan.

Tahun 2011 secara swadaya masyarakat kampung Nembukrang Sari berinisiatif merenovasi bangunan Puskeskam untuk ruang khusus kebidanan. Ruang kebidanan penting agar pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan melahirkan menjadia lebih maksimal.Apalagi selama ini pasien ibu hamil sangat banyak.

Menurut Kristian Waibro kepala kampung yang belum lama terpilih dan menunggu pelantikan mengatakan bahwa, dana untuk merenovasi Puskeskam diambil dari anggaran PNPM Mandiri-Respek BLM APBN T.A 2011.(06/07/2012).

“Masyarakat sepakat untuk mengambil dana PNM dan Respek walaupun seharusnya merupakan tanggungjawab dinas kesehatan, tetapi karena seperti tidak ada perhatian maka masyarakat berinisiative bangun sendiri,” jelasnya. Dana yang digunakan untuk merenovasi puskeskam mencapai Rp.39.728.000,- yang dikelola oleh TPKK dan masyarakat kampung Nembukrang Sari.

“Kalau kita berharap dari pemerintah bangun gedung tambahan, bisa tidak tercapai lebih baik kita yang bangun karena untuk kepentingan masyaraat juga,” jelasnya kembali. Menurutnya juga masyarakat tidak perlu terlalu berharap dan menunggu sesuatu. Harus melakukan sesuatu untuk yang menjadi kepentingan bersama.

Kepala Puskeskam suster Hanisa saat ditemui oleh Tim AIDP online juga membenarkan adanya penambahan ruangan untuk bidan yang dibangun atas inisiatif dari masyarakat Nembukrang Sari.

“Ya,bangunan tambahan ini bukan dari dinas kesehatan tapi masyarakat yang bangun,” terangnya. Lanjutnya lagi, “Bangunan ini kelihatan masih baru karena memang baru dibangun tahun lalu beda dengan yang disebelah sudah lama”. (Tim/AIDP)