Tahi Butar-butar : Kepuasan Pasien Faktor Penting Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Tahi Butar-butar : Kepuasan Pasien Faktor Penting Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Jayapura- Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Papua (YPKM) meluncurkan satu buku yang di beri judul “Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Daerah di Tanah Papua.

Buku ini merupakan hasil survey yang di lakukan oleh YPKM pada 10 Rumah Sakit Daerah (RSUD) di tanah Papua. Demikian di sampaikan  oleh Tahi Butar-butar  selaku Direktur YPKM kepada AlDP online (02/12/2013)

Menurutnya, latar belakang pembuatan buku ini berdasarkan bahwa selama ini citra rumah sakit pemerintah di nilai masih rendah dan belum memenuhi harapan masyarakat luas, khususnya masyarakat di seantero tanah Papua.

“Bukan itu saja, soal citra rumah sakit pemerintah pun sering menjadi agenda perdebatan di legislatif daerah, sehingga dalam penentuan anggaran pun mengalami kenaikan yang signifikan”. Jelasnya

Lebih lanjut Butar-butar mengatakan citra rumah sakit tidak serta –merta di pacu hanya dengan memperbesar anggaran dan menambah peralatan canggih. Ada sejumlah faktor yang turut mempengaruhi pembentukan citra rumah sakit , yakni image dan persepsi masyarakat itu sendiri.

Oleh karenanya , butar-butar menggaris bawahi bahwa di sini lah letak kata kunci dari pembuatan buku ini di mana publik harus mengetahui bagaimana image dan persepsi masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit kita. Survei kepuasan selain di tentukan persepsi dan ekspektasi tapi juga di tentukan oleh manajerial di rumah sakit tersebut.

Pada bagian lain, Butar-butar mengakui bahwa rumah sakit pemerintah di Propinsi Papua , baru memasuki tahap peningkatan mutu dan belum banyak memikirkan tentang kepuasan pasien. Oleh karenanya hadirnya buku ini di harapkan dapat menggugah para manajer  rumah sakit , sehingga dapat mengubah orientasi dan menjadikan kepuasan pasien sebagai agenda penting yang harus di perjuangkan dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Ujarnya  dengan nada optimis. (TIM/AlDP)