Berita

Sweeping Miras di Kampung Arso Kota

Keerom– Peredaran dan konsumsi minuman keras(miras) di Keerom sudah sangat mengkhawatirkan warga kampung Arso Kota. Mama-mama kampung Arso Kota melakukan sweeping dibantu oleh pihak polres Keerom.

“ Kami ke rumah-rumah tempat miras dibuat dan kami buktikan kepada polisi. Kalo di Skamto polisi dapat lebih banyak, mereka sita ada sekitar 170 liter dan pelakunya sudah dibawa,” demikian Ujar Mama Emiliana Tuamis.(05/06/2012).

Memerangi miras bagi warga kampung Arso adalah persoalan yang tidak mudah karena mereka harus berhadapan dengan lingkungannya sendiri bahkan kadang harus perang dengan suami dan anak yang juga mengkonsumsi miras.

Menurut warga kampung Arso Kota, perilaku orang yang mengkonsumsi miras sudah sangat meresahkan masyarakat bahkan orang tua dan keluarga sendiri menjadi ketakutan. “Orang tua-tua tidak lagi dihargai,” jelas Frans Tafor.

Anak-anak dan pemuda yang mengkonsumsi miras diperkenalkan oleh orang-orang yang datang dari PNG.Lanjutnya,” Mereka orang Keerom juga cuma lahir besar di sana(PNG) kemudian datang ke sini dan ajar anak-anak di sini untuk bikin miras”.

Adapun jenis miras bermacam-macam, ada miras lokal dari pohon kelapa ataupun hasil suling percampuran antara fermifan(bibit roti), gula, ganja dan air cucian beras selain itu minuman beralkohol yang didatangkan dari luar.

Frans berharap kampung Arso Kota dapat menjadi percontohan bagi kampung-kampung lainnya di kabupaten Keerom.Menurutnya sangat sulit memang untuk melarang orang mengkonsumsi miras apalagi mereka membeli dengan uang mereka sendiri namun yang perlu ditertibkan adalah dampak minuman yang menyebabkan tingginya angka kriminalitas dan putus sekolah di kampung Arso Kota. “Jadi kalau mau minum, silahkan di rumah dan jangan bikin kacau di jalan-jalan”.

Masyarakat juga berharap proses yang ada di kepolisian segera ditindaklanjuti, baik polisi maupun aparat pemerintah jangan mendukung aktifitas warga yang mengkonsumsi miras.”Kami ingin kampung ini aman dari kriminalitas akibat miras,” Tandasnya.