Sowek Kampung Berpenduduk Padat

Sowek – Sowek adalah ibukota dari distrik Aruri, distrik Aruri terdiri dari 8 kampung yakni Sowek, Ineki, Rani, Insumbabi, Mangonswam, Burwandi, Sawendi dan Porisa.

Distrik kep Aruri merupakan distrik terjauh dari ibukota Kabupaten Supiori. Perjalanan ke Sowek diawali dari Sorendiweri ke arah Selatan hingga sampai di Korido dengan lama perjalanan 1 jam lebih melalui jalan darat. Sesampai di Korido menggunakan motor laut sekitar 45 menit untuk sampai ke Sowek.

Seringkali perjalanan ke Sowek tidak menentu waktunya karena angin kencang dan air pasang surut sebab hampir di sepanjang pesisir Sowek penuh dengan relief (karang) sehingga harus berputar jauh untuk sampai di dermaga.

Penduduk di Sowek cukup padat sehingga Sowek akan dimekarkan menjadi 3 kampung yakni Insumbrey, Royari I dan Royari II dengan memisahkan kampung yang berada di sepanjang pantai(rumah berlabuh) dan pemukiman yang ada di sekitar bukit. Penduduk Sowek beragama GKI, bethel Pantekosta dan GPDI.

Sepanjang pesisir ratusan rumah berlabuh belum lagi rumah-rumah di sekitar bukit. Jembatannya tertata rapi, sebagian jembatan kayu dan sebagiannya dari beton. Terlihat beberapa kios kecil milik warga.

“Kepala distrik dan aparatnya jarang ditempat,” demikian penjelasan Wilson Rumbekwan salah seorang aparat kampung. Katanya kepala distrik hanya datang pada waktu-waktu tertentu. Biasanya kalau ada kunjungan dari dinas,”lihat saja kantor distrik penuh rumput”.(22/06/2012).

Sowek terkenal dengan ikan tempat ini menjadi salah satu andalan untuk mengumpulkan dan mengekspor ikan kerapu hingga ke manca negara. Nelayan lainnya mengumpulkan dan menjual ikan mereka ke Biak melalui pelabuhan Korido.

Selain mencari ikan, warga Sowek mulai diperkenalkan dengan menanam di ‘halaman rumah’. Caranya dengan membuat bedeng-bedeng kecil di atas jembatan rumah berlabuh. Bedeng itu diisi dengan media tanah dan pupuk kemudian dinas Pertanian membagikan bibit.

“Untuk pertama kali satu marga dapat satu bedeng nanti kalau sudah mulai tumbuh baik baru akan ditambah,” Ujar Wilson kembali.

Wilson berharap ada dukungan dari pemerintah distrik untuk mengembangkan ketrampilan masyarakat termasuk untuk meningkatkan taraf ekonomi.(Tim/AlDP).