SMU Negeri 2 Nabire Masih Kurang Guru

SMU Negeri 2 Nabire Masih Kurang Guru

SMUN 2 Nabire

Nabire-Di gerbang SMU Negeri 2 Nabire tertulis “Sekolah Bernuansa Lokal Berwawasan Global’ namun sayangnya sampai saat ini SMU Negeri 2 Nabire masih kekurangan tenaga pengajar,khusus pada bidang studi fisika, matematika, computer, agama islam dan kesenian.  Maka untuk bidang studi tersebut sekolah masih mengandalkan tenaga pengajar honorer,” Supaya proses belajar mengajar dapat berjalan maksimal,”  ujar Drs. Maryanto, sebagai kepala sekolah.SMU Negeri 2 Nabire di distrik Wanggar  saah satu daerah pemukiman transmigrasi yang letaknya tidak lebih dari 1 jam dari ibu Kota Nabire.

Drs.Maryanto sudah seringkali mengusulkan  kepada Dinas Pendidikan dan Pengajaran kabupaten Nabire namun belum ada tindakan yang diambil oleh yang berwenang entah apa yang menjadi penyebabnya, padahal SMU Negeri 2 Nabire ini sudah berdiri sejak  tahun 1996.Katanya,” jika dilihat dari segi standar nasional pendidikan maka kondisi  ini sangat memprihatinkan apalagi bidang studi fisika merupakan mata pelajaran yang diujikan pada ujian kelulusan akhir sekolah”.

SMU Negeri 2 Nabire ini terdiri dari dua puluh satu (21) orang guru bersatus PNS dan lima orang guru tenaga honorer dan mendidik dua ratus Sembilan puluh siswa. “Untungnya di tahun ajaran ini 2012 untuk murid kelas tiga hanya satu orang saja yang tidak lulus ujian nasional dari tujuh puluh Sembilan sisiwa yang terdiri dari kelas IPA dan IPS,” katanya lagi.

Maryanto menegaskan kembali bahwa sebagai tenaga pendidik pihaknya bertanggung jawab untuk kemajuan pendidikan anak usia SMU, maka sekolah meminta keseriusan dari pemerintah dalam menunjang proses belajar mengajar. Sebagai kepala sekolah, harapannya supaya kekosongan tenaga pendidik segera ditindaklanjuti  terutama untuk  guru fisika berstatus PNS agar proses belajar mengajar dapat berjalan maksimal.(Tim/AlDP).