SMU 1 Korido Kembangkan Sekolah Berpola Asrama

Supiori – SMU Negeri 1 Korido,Supiori Selatan terlihat sangat rapi dan terawat. SMU ini menjalankan program pendidikan berpola asrama yang dimulai pada tahun 2010.

Murid yang diasramakan berjumlah 53 siswa dari 84 siswa. “Untuk yang jaraknya dengan sekolah lebih dari 3 kilometer diwajibkan tinggal di asrama,” Ujar Drs.Arius Kapisa kepala SMU 1 Korido saat ditemui AlDP Online di rumahnya.(22/06/2012)

Katanya dengan demikian siswa yang rumahnya jauh tidak ada alasan untuk terlambat ke sekolah. Sebelumnya tingkat absensi murid cukup tinggi. Bangunan asrama terdiri dari 2 bagian, satu untuk putra dan satu untuk putri, dikelola oleh Badan Pengurus asrama yang terdiri dari guru-guru yang ada.

Untuk kebutuhan makanan, mereka menggunakan bantuan dari pemda sebesar Rp.40 juta/tahun. “Anak-anak harus makan 3 kali sehari, kalau saja satu kali makan Rp.10.000 maka untuk 84 anak selama setahu,kurang. Kekurangan ini diatasi dengan membuat kebun sayur dan yang terpenting orang tua tetap terus membantu”.

Menurut Arius Kapisa orang tua murid biasanya ikut mengantarkan sayur-sayuran untuk anak mereka dan ini sangat penting agar tidak sepenuhnya menjdai tanggungjawab guru atau negara.Tahun ini bantuan tersebut belum dikucurkan oleh pemda.

Semua murid sekolah mendapatkan bantuan BOS yang digunakan untuk menutupi biaya sekolah. “Dana BOS Cuma numpang lewat ke murid”.

Sedangkan ada 32 anak yang mendapatkan bantuan BKMM((Bantuan Keuangan Murid Miskin) yang digunakan untuk keperluan di luar SPP. Siswa menerima dana BKMM langsung ke rekening mereka.”Guru hanya mengontrol apabila mereka akan mengambil ke bank sesuai kebutuhan sekolah,”jelasnya.(Tim/AlDP).