Berita

SMPN Tubang Merauke Hanya Punya Satu Guru

SMP Negeri Tubang, Merauke

Merauke – Sejumlah guru yang ditempatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Tubang, Distrik Tubang, Kabupaten Merauke tidak menjalankan tugas dengan baik.

Sampai sekarang, hanya tersisa satu guru yang masih betah tinggal dan menjalankan tugas mengajar sebagaimana biasa.

Kepala Distrik Tubang, Leonardus Mahuze mengatakan, banyak guru yang ditempatkan di sekolah tersebut. Hanya saja, setelah satu atau dua hari di tempat tugas, tiba-tiba menghilang tanpa alasan jelas. “Akibatnya, kegiatan belajar mengajarpun tidak bisa berjalan dengan normal,” ujarnya, belum lama ini.

Untuk mengisi kekurangan tenaga guru, kata Leo, beberapa staf distrik dan tenaga medis di puskesmas, terpaksa diminta untuk bisa berdiri di depan kelas dan mengajar. Mereka membantu satu guru yang merangkap hingga beberapa kelas. “Tenaga guru tidak bisa merangkap hingga tiga kelas, apalagi dengan jumlah siswa disana mencapai ratusan orang,” katanya.

Ia meminta pemerintah Merauke mengkaji penempatan guru di Tubang. “Saya minta Bupati Merauke agar gaji para guru di Distrik Tubang, tidak dikirim melalui rekening lagi. Tetapi diserahkan langsung ke distrik, sehingga para guru bisa tetap tinggal disana,” ucapnya.

“Karena alasan mereka turun ke kota adalah mengambil gaji, namun waktu yang dihabiskan hingga berbulan-bulan,” katanya menambahkan. (FR/Merauke)