Siklus Kekerasan di Papua Harus Dihentikan

Siklus Kekerasan di Papua Harus Dihentikan

Jayapura-Anum Siregar SH, direktur AlDP mengatakan perlu dilakukan investigasi yang mendalam dan imparsial untuk mengungkapkan kebenaran dari peristiwa yang terjadi di lapangan Karel Gobay, Enarotali hari ini.(08/12/2014).

“Kami prihatin atas sejumlah aksi kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini di Papua, termasuk yang terjadi hari ini di Enarotali,” Ujarnya di AlDP.

Dirinya mengatakan bahwa informasi mengenai kejadian tersebut beredar dengan banyak versi sehingga perlu dilakukan investigasi.

“Peristiwa yang menyebabkan banyak korban berjatuhan itu tentu saja harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Jika tidak situasi di Papua,khususnya di Enarotali akan makin tidak menentu,” tegasnya.

“Kita mendengar bahwa peristiwa itu berawal dari peristiwa malam sebelumnya. Maka seharusnya sudah ada langkah-
antisipasi terhadap peristiwa itu. Bukan justru makin banyak korban yang berjatuhan”.

Menurutnya aksi kekerasan harus diakhiri di seluruh tanah Papua. Kejadian yang beruntun di banyak tempat di Papua menunjukkan bahwa siklus kekerasan masih menjadi pilihan.

“Padahal jelas tidak ada yang diuntungkan.,” katanya.

Oleh karena itu pihaknya berharap ruang komunikasi makin dibuka, tradisi dialog harus dilakukan untuk menjembatani perbedaan pandangan dan ekspresi agar jalan kemanusiaan yang menjadi pilihan dan bukan aksi kekerasan.(Tim/AlDP)