Sidang Peristiwa Aimas Ditunda

Sidang Peristiwa Aimas Ditunda

Sorong-Seharusnya agenda persidangan terhadap Isak Kalaibin dkk tanggal 9 september 2013 adalah pemeriksaan saksi. Masih untuk saksi yang disiapkan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU). Namun hingga pukul 10.30 wit, salah seorang anggota majelis hakim menghubungi Penasehat Hukum untuk meminta dilakukan pembatalan.

“Ketua majelis hakim, R.Christian Kolibu SH,MH dalam keadaan sakit,” demikian ujar hakim Maria Sitanggang SH MH secara lisan dihadapan Penasehat Hukum.(09/09/2013).

“Kita akan tunda dalam persidangan nanti,” katanya lagi, sambil meminta panitera segera mempersiapkan sidang terhadap Isak Kalibin dkk.

Ketika sidang dibuka, hakim Maria Sitanggang SH MH memimpin sidang didampingi oleh Irianto Tiranda SH dan seorang hakim pengganti.

“Ketua majelis hakim dalam keadaan sakit, dari RS di Kota Sorong akan dirujuk ke Jakarta. Sesuai aturan yang berlaku sidang tidak dapat dilanjutkan tanpa kehadiran Ketua Majelis Hakim. Kami minta sidang ditunda selama 2 minggu, kita berharap Ketua Majelis Hakim segera sembuh dan dapat memimpin sidang kembali, ” ujarnya.

Setelah sidang ditutup, Isak Kalaibin dkk yang selalu berseragam putih hitam,  menyempatkan diri untuk bertemu sesaat dengan kelompoknya termasuk istri dan anak-anak mereka.

Kesempatan tersebut juga mereka gunakan untuk mendiskusikan perkembangan persidangan mereka bersama para penasehat hukum yang tergabung dalam koalisi Penasehat Hukum dari Sorong, Manokwari dan Jayapura. Selain bagian litigasi, tim diperkuat juga dengan bagian non litigasi dengan koordinator Drs. Abner Korwa dan Pdt. Paulus Safisa, S.Th.(Tim/AlDP).