Sidang Perdana, Tindak Pidana Korupsi Dermaga Penyebrangan Kumbe 1 Merauke.

Sidang Perdana, Tindak Pidana Korupsi Dermaga Penyebrangan Kumbe 1 Merauke.

Jayapura-Sidang perdana perkara dugaan korupsi yang  melibatkan terdakwa Drs. Markus R. Teurupun.M.Si, selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke bersama-sama Yohanes Y Mahuze selaku Direktur CV.Zenam Jaya Putra, disidangkan, Rabu (19/03/2014) di Pengadilan Tipikor Klas  1A Jayapura.

JPU mengajukan perkara dengan merujuk pada Pasal 35 ayat (3) Undang-undang nomor 46 Tahun 2009 .

Data yang dihimpun Aldp Online, Pada tahun 2009, Yohanes Y Mahuze selaku direktur CV.Zenam Jaya Putra dan atas nama masyarakat kumbe mengusulkan adanya pengantian dermaga penyeberangan Kumbe 1 kepada Bupati Kabupaten Merauke dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke. Bahwa, dari usulan Yohanes Y Mahuze selaku direktur CV.Zenam Jaya Putra.

Kemudian usulan disetujui oleh bupati kabupaten Merauke, sehingga pada tahun 2009 dianggarkan dana sebesar Rp.880.000.000.00 (delapan ratus juta delapan puluh juta rupiah) untuk pembangunan dermaga kayu sungai dan penyeberangan Kumbe 1 di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke.

Namun, pada tahun 2009 proyek pembangunan dermaga kayu sungai dan penyeberangan Kumbe 1 tidak dilaksanakan, maka anggaran pembangunan dermaga kayu sungai dan penyeberangan Kumbe 1 kembali dianggarkan pada tahun 2010.

Melalui peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2010 dan telah ditetapkan DPRD Kabupaten Merauke, diterbitkan dokumen pelaksanaan anggaran lanjutan (DPA-L) yang disahkan oleh terdakawa Drs. Markus R. Teurupun.M.Si, selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke dengan jumlah dana yang sama.

Namun, dalam pelaksaannya kedua terdakwa Drs. Markus R. Teurupun.M.Si, selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke bersama-sama Yohanes Y Mahuze selaku Direktur CV.Zenam Jaya Putra, melangar kesepakatan yang telah ditetapkan dalam proyek kerja. Misalnya, bahan kayu yang dipakai harus kayu besi, namun kenyataanya kayu yang lain di pakai. (RM/AlDP)