Sidang Perdana Areki Wanimbo , Ruang Sidang Dipenuhi Kerabatnya

IMG20150129102158Wamena – Sidang terhadap Areki Wanimbo, kepala suku Lanny Jaya yang ditangkap bersama 2 jurnalis asal Perancis atas tuduhan makar di Lanny Jaya, digelar di Pengadilan Negeri Wamena.(29/01/2015).

Sejak pagi keluarga dan kerabat Areki telah berada di halaman Pengadilan Negeri Wamena.

“Mereka ada yang datang dari Pirime dan Nduga, jalan kaki untuk lihat saya,” Ujar Areki saat berbincang di ruang tahanan Pengadilan Negeri Wamena.

Areki nampak sedang membicarakan sesuatu dengan istrinya. Meski perbincangan mereka dipisahkan oleh jeruji tapi keduanya terlihat mesra.

Ada beberapa kerabat yang ikut mendekat ke pintu jeruji, tidak ada kata terucap hanya airmata yang nampak di wajah mereka.

“Saya baik-baik,”Ujarnya lagi membesarkan hati kerabatnya.

Lanjutnya, “Mereka tidak ketemu saya selama 7 bulan sejak saya ditahan, mereka pikir saya disiksa seperti yang lain. Saya baik, ada pengacara saya”

Dirinya mengatakan perlakukan petugas LP Wamena cukup baik kepadanya. Dia juga merasa bersyukur karena sidangnya dilakukan di Wamena sehingga dia dapat berjumpa dengan keluarganya.

Sebelumnya setelah ditangkap tanggal 6 Agustus 2014, Areki diterbangkan ke Jayapura dan ditahan di Rutan Polda Papua sekitar 4 bulan, baru pada tanggal 4 Desember 2014, Areki dipindahkan ke Wamena untuk langsung diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Wamena.

Areki Wanimbo Amd.Pd dikenakan Dakwaan Kesatu Primair Pasal 110 ayat (2) ke-1 dan 4 KUHPidana dan,Subsidair Pasal 110 ayat (2) ke-1 dan 4 KUHPidana jo Pasal 53 ayat (1) KUHPIdana ATAU KEDUA PRIMAIR pasal 106 KUHPidana, SUBSIDAIR Pasal 106 KUHPidana jo Pasal 53 Ayat (1) KUHPidana.(Tim/AlDP)