Sidang Matham Klembiab Dimulai

Sidang Matham Klembiab Dimulai

Jayapura – Matham Klembiab terdakwa kasus kepemilikan senjata tajam, Selasa 4 Juni 2013 di sidangkan di Pengadilan Negeri klas IA Jayapura dengan agenda pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi oleh Jaksa Penuntut umum.

Dalam sidang ini JPU menghadirkan dua orang saksi dari kepolisian yaitu dari Satuan Intel Polres Jayapura atas nama  Agus B dan Isjoko S. Terdapat perbedaan keterangan saat kesaksian mereka diungkap di persidangan.

Saksi Agus B menerangkan bahwa saksi menjalankan tugas berdasarkan Surat perintah dari Wakapolres Jayapura sedangkan saksi Isjoko menerangkan tugas yang dijalankan atas perintah Kapolres Jayapura.

Selain itu Agus mengatakan dalam pemeriksaan dan penggeledahan terhadap satu mobil Avansa berwarna hitam dan berkaca gelap, ditemukan dokumen terkait separatis Papua merdeka dan ada komunikasi diantara pengendara motor dan orang dalam mobil.

Sedangkan saksi joko S mengatakan dalam penggeledahan hanya ditemukan sebilah pisau stenlestell dan tidak ada komunikasi diantara pengendara motor dan orang dalam mobil,

“Sangat jelas bahwa ada perbedaan dari keterangan kedua saksi padahal kedua saksi ini adalah satu tim dan berada dalam satu mobil,” jelas Cory Silpa SH yang bertindak sebagai Kuasa Hukum Matham.

Setelah mendengarkan keterangan kedua saksi, hakim menutup persidangan dan sidang akan dilanjutkan pada hari selasa 11 Juni 2013  masih dengan agenda  pemeriksaan saksi.

Persidangan ini dihadiri oleh Syors Mambrasar, SH dan Marco Erari, SH selaku Hakim, Rina Frieska H, SH, MH selaku Jaksa penuntut Umum dan Penesehat Hukum dari kantor AlDP yakni Nurwahidah, SH dan Cory Silpa, SH

Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi pada hari jumat tanggal 15 Februari 2013 di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, terdakwa atas nama Matham Klembiab dikenakan pasal 2 ayat(1) UU Darurat No.12 Tahun 1951. (Tim/AlDP)