Sidang Matham Kembali Ditunda

Sidang Matham Kembali Ditunda

Jayapura-Setelah menjalani sidang perdana tanggal 4 Juni 2013, hingga kini Matham Klembiap belum menjalani sidang lanjutan. Pada sidang perdana saat pembacaan Dakwaan sidang langsung dilanjutkan ke pemeriksaan saksi, kala itu saksi yang hadir dari pihak Polres Jayapura.

“Kami kecewa dengan kinerja Jaksa Penuntut Umum, sebab hak klien kami untuk menjalani proses hukum yang cepat tidak dapat terpenuhi,” ujar Cory Silpa SH dari AlDP.(09/07/2013).

Cory Silpa telah berulang kali menghubungi pihak JPU namun selalu mengalami penundaan bahkan kadang Matham  sudah dibawa ke pengadilan Negeri Klas I A Jayapura namun sidang tidak dilakukan.

Terhadap hal tersebut, Cory melakukan koordinasi dengan pihak kejaksaan Negeri Jayapura untuk menegaskan proses sidang yang dijalani Matham.

Hingga kali ini JPU masih mengalami hambatan untuk menghadirkan saksi-saksi yang lain terutama saksi yang sempat ditangkap pada saat kejadian tanggal 15 Pebruari 2013, kemudian dilepaskan kembali.

“Kami khawatir sidang besok(10/07/2013) saksi yang dipanggil tidak datang lagi karena berdomisili di Mamberamo. Kami ingin JPU juga memperhatikan masa penahanan klien kami, karena itu hak hukum Matham,” tegas Cory.

Untuk mengingat kembali peristiwa ini terjadi pada hari jumat tanggal 15 Februari 2013 di distrik Depapre kabupaten Jayapura, terdakwa atas nama Matham Klembiab dikenakan pasal 2 ayat(1) UU Darurat No.12 Tahun 1951.(Tim/AlDP).