Sidang Kasus Sasawa Direncanakan Akhir Juli

SidangJayapura-Sidang terhadap 7 orang tersangka kasus makar peristiwa Sasawa Serui direncanakan akan berlangsung pada akhir bulan Juli 2014, demikian dijelaskan oleh Kasi Pidsus Kejari Kepulauan Yapen, Beno, SH via telepon pekan lalu.

“Kita tunggu saja diatas tanggal 20, kami akan limpahkan mereka,” Ujar Beno,SH via handphone ke AlDP Online.

Sementara itu, Peneas Reri salah seorang Tersangka Sasawa memberitahukan bahwa surat perpanjangan penahanan mereka telah diperpanjang hingga tanggal 15 Agustus 2014.

“Tapi kami siap untuk persidangan ke depan dan kami berharap sidang berjalan aman,” tandasnya saat ditemui oleh Ida Kelasin SH, salah satu anggota Tim Penasehat Hukum mereka.

Ida Kelasin juga menambahkan bahwa situasi kliennya dalam keadaan sehat, dirinya berharap proses persidangan agar segera dilakukan dengan jujur tanpa ada intervensi politik.

“Kita harus mempelajari dan memahami secara baik, siapa-siapa mereka(tersangka) dan bagaimana atau sejauhmana keterlibatan mereka dalam perkara yang dituduhkan kepada mereka,”demikian harapannya.

Peneas Reri, Salmon Windesi dan kawan-kawan diancam dengan pasal makar yakni Pasal 106 KUHP Jo Pasal 53 KUHP dan atau pasal 108 KUHP dan UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam.(Tim/AlDP)