Sidang Isak Kalaibin dkk ,Saksi Ahli Belum Datang

Sidang Isak Kalaibin dkk ,Saksi Ahli Belum Datang

Sorong-Setelah mengalami penundaan sidang selama 2 minggu, maka sidang kasus Aimas dengan terdakwa Isak Kalaibin dkk dibuka kembali pada hari Senin/23/09/2013  di Pengadilan Negeri Sorong.

“Sebelum sidang dilanjutkan,saya akan menyampaikan informasi bahwa telah terjadi pergantian Majelis Hakim, “ Ujar Maria Sitanggang SH, MH yang bertindak sebagai Ketua Majelis Hakim.

Hakim Maria Sitanggang SH MH menyampaikan bahwa Ketua Majelis Hakim sebelumnya yakni Christian Kolibu SH MH masih dalam keadaan sakit dan akan menjalani pengobatan yang cukup lama.

Ketua Pengadilan Negeri Sorong telah mengeluarkan penetapan Nomor 113 tertanggal 11 September 2013 untuk melakukan pergantian majelis Hakim. Sehingga komposisinya menjadi Ketua Majelis Hakim yakni Maria Sitanggang, SH, MH dan 2 orang anggota majelis hakim yakni IriantoTiranda SH danTedyKusmanhadi SH.

Sidang kemudian dilanjutkan masih dengan mendengarkan keterangan saksi ahli yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU).

“Ketiga saksi ahli sudah kami hubungi akan tetapi tidak dapat hadir karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan,” Ujar JPU Syamsul Anwar, SH.

Dalam Berita Acara Pemeriksaan, terdapat 3 namasaksiahli yang sudah diminta keterangannya yakniDr. Chairul Huda SH, MH, Widodo SH MH danDr.DwiAndayaniBs, SH, MH.

Ketua Majelis Hakim meminta JPU memperlihatkan surat pemanggilan dan jawaban dari ketiga Ahli kepada Majelis Hakim  dan PenasehatHukum.

“Meski sudah ada jawaban dari Ahli, majelis hakim berpendapat bahwa JPU mengupayakan pemanggilan kembali,” tegas Maria Sitanggang SH MH sambil  menunda persidangan pada senin berikutnya.

IsakKalaibindan 6 orang lainnya dituduh melakukan makar dalam rumusan pasal 106, pasal 107, pasal 108, pasal 110, pasal 160 danpasal 164 KUHP pada peristiwa di Aimas menjelang 1 Mei 2013.(Tim/AlDP).