Serap Aspirasi Rakyat Untuk Mengakomodir Pendapat Semua Orang

Serap Aspirasi Rakyat Untuk Mengakomodir Pendapat Semua Orang

IMG_3254IWamena – Jaringan Damai Papua (JDP) memulai agenda Seminar dan Lokakarya untuk membahas Papua Tanah Damai dan Serap Aspirasi Rakyat (SAR) di Wamena pada pekan lalu. Wamena adalah lokasi kedua setelah Merauke dan direncanakan pada awal Juli 2015, kegiatan yang sama akan dilakukan di Kota Sorong.

Lokakarya tersebut mengumpulkan sejumlah pemuda dari wilayah pengunungan untuk menjadi fasilitator pada saat SAR dilakukan pada wilayah masing-masing.

“SAR akan dilakukan terhadap orang Papua dan non Papua, mereka akan diberikan pertanyaan kunci terkait gagasan Papua tanah damai, masalah yang ada dan solusi untuk membangun Papua tanah damai,” jelas Theo Hesegem.

Menurutnya SAR akan dilakukan dalam berbagai metode sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah.

Lanjutnya, “Ada yang dilakukan melalui pertemuan terbuka, wawancara, menyebarkan angket dan juga menaruh noken-noken aspirasi di beberapa tempat strategis. Sehingga diharapkan semua orang dapat menyampaikan pendapatnya”.

Hesegem menambahkan bahwa setelah dilakukan SAR, data yang ada akan dikelola dan kemudian akan dilakukan dialog internal rakyat Papua untuk membahas gagasan-gagasan perdamaian di tanah Papua.

“Dialog itu akan diberi judul Konferensi Perdamaian rakyat Papua,” tegasnya.

Dalam pertemuan selama 2 (dua) hari tersebut, bertindak sebagai moderator dan fasilitator adalah Theo Hesegem koordinator JDP wilayah Pegunungan dan anggota JDP lainnya yakni Anum Siregar. Sedangkan Pastor Dr. Neles Tebay selaku koordinator JDP menjadi narasumber utama. (Tim/AlDP)