Semua SD di Raimbawi Belum Terakreditasi

Semua SD di Raimbawi Belum Terakreditasi

Bangunan SD di Misol, Raja Ampat

Yapen-Distrik Raimbawi adalah salah satu distrik dari 14 distrik yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen. Di Raimbawi terdiri dari 6 kampung yaitu Barawai, Waindu, Sewenui, Kororompui, Woda dan Aisau.

Sudah ada Sekolah Dasar (SD) di semua kampung kecuali di kampung Woda. Hal ini dikarenakan siswa dari kampung Woda bergabung ke SD di kampung Kororompui yang letaknya saling berdampingan.

NO

KAMPUNG

NAMA SD

RUANG KELAS

GURU

RUMAH GURU (Kopel)

1

Barawai SD NEGERI BARAWAI

6

5

1

2

Waindu SD NEGERI WAINDU

6

3

1

3

Sewenui SD NEGERI PAPARU

5

4

1

4

Kororompui SD YPK WODA WANSMA

3

3

5

Aisau SD NEGERI AISAU

4

4

Menurut Parlis Saragi, Koordinator Pokja Pendidikan Foker LSM Papua wilayah Yapen kondisi sarana dan prasarana yang serba terbatas,belum memenuhi standar pendidikan,  akan berdampak cukup serius pada kualitas pendidikan.

Gurunya juga terbatas apalagi kadang tidak berada di tempat untuk mengajar dalam waktu yang cukup lama. “Ini memilukan sekali” tambahnya dengan nada kesal. Seolah karena letak SD di kampung-kampung sehingga siswa hanya mendapatkan pendidikan yang seadanya.

“Padahal dalam Konstitusi kita diatur bahwa semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu. Sehingga keliru jika pemda tidak memperhatikan standar pendidikan di Distrik Raimbawi. Ini melanggar Konstitusi”, jelasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kepulauan Yapen, Saul Kansai.” Pemda harus serius mesti ada terobosan.karena walaupun 30% APBD Yapen dialokasikan untuk pendidikan tetapi ternyata pada bagian ini malah terabaikan”. (04/AlDP)