Berita

Selil Hanya Punya Satu Guru Mengajar

Merauke–SD YPPK Kampung Selil, Distrik Muting, Merauke, masih kekurangan guru mengajar. Dalam keseharian, hanya ada seorang guru tetap dan dua honorer. Sementara untuk mengajar enam kelas, tiap guru merangkap atau bergantian jam.
Kampung Selil terletak sekitar 270 kilometer dari Kota Merauke. Kampung tersebut hanya bisa dicapai dengan penyeberangan motor tempel sekitar 3-4 jam dari Distrik Muting.
Berdasarkan data bulletin Sorak, milik Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke akhir tahun 2011, penduduk di Selil tinggal atau hanya menempati 34 rumah. 30 diantaranya sudah tidak layak huni. Kampung itu bahkan tidak dialiri listrik. Kalau malam tiba, gelap gulita.
Selil terdiri dari 28 Kepala Keluarga. Ada sekitar 32 anak yang kini bersekolah di SD Selil. “Dengan satu guru, itu saya kira tidak mungkin, bagaimana anak dapat menyerap semua yang diberikan kalau gurunya sakit atau tidak mengajar,” kata Sisilia Maturbongs, Kepala Sekolah SD YPPK Yohanes Don Bosco di Muting.
Sekolah Dasar di Muting terdapat di Kampung Kolam, SD YPPK Kampung Selow, SD YPPK di Kampung Selil, SD YPK Pahas, SD YPK Kampung Wan, SD YPPK Boha dan SD Kampung Mandau. “Rata-rata hanya tiga kelas, ada juga yang belum ada bangku,” kata Sisilia.
Kepala Distrik Muting Merse Mahuze mengatakan, kekurangan guru sudah bukan masalah baru di Merauke. Semasa menjabat sebagai kepala Distrik Merauke beberapa tahun lalu, Merse juga menyaksikan bagaimana sekolah dasar di kota harus berjibaku dengan minimnya guru dan fasilitas pendidikan. “Itu di kota, apalagi di kampung. Saya tidak mau tutup tutup, di Muting kekurangan guru sudah dari dulu,” katanya.
Ia menyarankan, agar ada roling tenaga pengajar dari kota ke kampung. “Itu tujuannya agar guru di kota juga dapat merasakan apa yang dialami guru disini, saya kira juga agar anak di kampung bisa lebih terbantu,” paparnya. (02/AlDP)
  • Uciha BZT

    kalau kayak begini terus kapan majunya, dengar beritanya saja kita sudah jauh tertinggal,,, T_T
    mengejar nya kayaknya gak mungkin, perlu waktu yang lama,,