SD YPK Wapur Membutuhkan Dukungan Orang Tua

SD YPK Wapur Membutuhkan Dukungan Orang Tua

Supiori Barat – Menurut Yohana Wanma, guru kontrak pada SD YPK Wapur Supiori Barat kendala terbesar di sekolah adalah dukungan dari orang tua bagi anak didik terutama untui murid kelas 1. “Akibatnya tingkat alpa murid sangat tinggi,” katanya saat menerima AlDP di rumahnya pekan lalu.

“Di sekolah ini kita tidak bisa mengajar pakai kurikulum yang ada di kota karena perlu penyesuaian dengan anak-anak,” jelasnya. Menurutnya ketika anak masuk SD sebagian  besar belum tahu membaca. Kelas 1 baru sekitar seperempatnya, setelah kelas 2, 3 mulai bertambah sehingga dapat dianggap semua dapat membaca ketika sudah kelas 4.

Kondisi ini berbeda dengan murid di kota begitu masuk SD mereka sudah memiliki pengetahuan yang lebih terutama baca tulis karena ada PAUD atau TK.

Sehingga pekerjaan utama guru adalah mengajarkan membaca dan berhittung, ”kalau sudah kelas 4 baru kita perkenalkan berbagai alat peraga”, tambah guru Herlintje Rumbiak.

Menurut Herllintje, anak-anak yang cerdas dan lebih rajin selalu berasal dari orang tua yang aktif memperhatikan mereka.

Keseluruhan murid berjumlah 89 orang yang terbanyak ada di kelas 4 berjumlah 23 siswa sedangkan jumlah paling sedikit di kelas 3 yakni 10 orang.

Mereka berharap ada pengawas dari dinas yang datang untuk mengevaluasi kerja dan mereka bisa sharing mengenai perkembangan sekolah dan anak didik. Sebelumnya mereka sudah minta pengawas namun pengawas belum datang dengan alasan tidak tersedia biaya transportasi.(Tim/AlDP).