SD YPK Tarfia Percontohan Sekolah dengan Kelas Rangkap

Bu Guru Sari, SD YPK Tarfia Distrik Demta

Demta-Tak disangka SD yang sangat memprihatinkan karena kekurangan fasilitas dan tenaga guru bisa menjadi percontohan untuk pendidikan kelas rangkap.

Adalah SD YPK Tarfia Distrik Demta Kab Jayapura yang telah ditetapkan oleh Unicef pada tahun 2011 sebagai SD percontohan untuk kelas rangkap di distrik Demta.

Salah seorang guru yang berperan sangat penting untuk kelas rangkap tersebut adalah Ibu guru Sari asal menado yang bersuamikan pak guru Wally asal Sentani. Kedua pasangan suami istri ini memang paling setia menemani murid-murid mereka.

SD YPK memiliki 4 guru bantu namun 3 diantaranya sedang melanjutkan pendidikan di Universitas Cenderawasih sehingga sering kali turun ke kota Jayapura untuk keperluan kuliah. Bu guru Sari kemudian mempraktekan ilmu yang dimilikinya waktu mengenyam pendidikan di PGSD.

“Saya belajar bagaimana mengabungkan kelas satu dan kelas dua untuk mata pelajaran tematik,.”katanya. Bahkan menurutnya, penggabungan kelas masih bisa dilakukan sampai kelas 3, “Kelas 1,2,dan 3 masih punya mata pelajaran tematik yang sama, meski agak beresiko karena anak-anak terlalu banyak dan sulit konsentrasi”. Dia kemudian mencontohkan gabungan mata pelajaran IPA dan matematika.

“Kalau untuk anak kelas 2, misalnmya kita memberikan contoh dengan tanaman. Kita minta mereka sebutkan bagian dari tanaman tersebut. Sedangkan untuk kelas satu, kita minta mereka menghitung jumlah daun,batang dan buah,” katanya menjelaskan.

Keahliannya berperan besar membuat kelas yang ditinggalkan oleh guru bantu lainnya praktis tetap terisi dengan cara merangkap. Bu Guru Sari dengan tekun menjelaskan bagaimana dia memotivasi setiap anak untuk bisa fokus dan berani bicara.

”Mereka harus dimotivasi supaya berani tampil,” katanya serius, Bu Guru Sari tetap semangat meskipun statusnya masih guru bantu sejak tahun 2009 di SD YPK Tarfia. Sebelumnya dia telah mengajar di Wamena dan Biak dengan status yang sama sebagai guru bantu.(Tim/AlDP).