SD YPK Sion Mantembu Membutuhkan Ruangan dan Lokasi Baru

SD YPK Sion Mantembu Membutuhkan Ruangan dan Lokasi Baru

Mantembu-Letak SD YPK Sion hanya 1 Km dari pusat kota Kabupaten Kepulauan Yapen-Serui. Jalan masuk ke kampung menuju SD YPK Sion Mantembu sangat buruk,  menunjukan tidak ada perhatian pemerintah,terakhir di aspal pada tahun 1990-an. Padahal kampung ini menjadi “pusat” material batu di Kabupaten Yapen.

SD YPK Sion didirikan 10 Januari 1929 dan mengalami perubahan pada 15 September 1962.Jumlah siswa sebanyak 249 orang yang berasal dari kampung Mantembu dan Yapan. Ada 6 ruangan ,18 guru tetap dan 1 honorer untuk Bahasa Inggris.Sekolah ini dpimpin Martenci Wayangkau selama 4 periode.

SD YPK Sion kekurangan ruang untuk belajar,pada tahun 2011,APBD Yapen pernah menganggarkan penambahan 3 ruang kelas baru namun ternyata tidak ada. “Kami memang mendengar ada bantuan Pemda tahun 2011 untuk penambahan 3 ruangan tapi kami tidak tahu kenapa tidak terealisir sampai sekarang, mungkin karena lokasi yang tidak ada” kata Blandina Aninam wakil kepala sekolah( 26/4/2012).

Katanya,” Di kelas I kami bagi dalam 2 bagian dimana ada kelas A dan B tetapi semua berada dalam 1 ruangan. Praktis pada 1 meja ada 3 siswa yang duduk berdesak-desakan”. Keadaan ini juga berlaku untuk kelas II dan III, karena keterbatasan ruangan sehingga buku yang ada akhirnya hanya ditaruh diruangan kantor,tidak ada perpustakaan. Bahkan ruangan guru juga masih digabung dengan kantor.

Menurut Sekretaris Kampung Mantembu,Yahya Warkawani pada Musrenbang kampung Mantembu 2012 pihak pemerintahan kampung sudah mengusulkan untuk membangun pagar sekolah dan penambahan Ruangan.

Masalah lain yang dihadapi SD YPK Sion adalah kekurangan lokasi.Sehingga sudah ada yang menyarankan agar sekolah dibangun bertingkat  atau dibagi lokasinya.”Untuk kelas 1-3 di kampung Mantembu kelas 4-6 di Yapan atau sebaliknya agar bisa mengakomodir siswa,” tambahnya.(04/AlDP)