SBY : Otsus Papua Kerangka Dasar Penyelesaian Papua

SBY : Otsus Papua Kerangka Dasar Penyelesaian Papua

Presiden SBY

Jayapura-Pemerintah menyadari adanya kompleksitas persoalan yang memerlukan langkah-langkah spesifik, mendasar, dan menyeluruh. “Kita satukan langkah untuk mempercepat pembangunan bagi rakyat Papua, “demikian Pidato Kenegaraan Presiden SBY menyambut HUT Proklamasi 17 Agustus 2012 di Gedung DPR-RI (16/08/2012).

Lebih lanjut SBY mengatakan, “Otonomi Khusus bagi Papua dan Papua Barat adalah kerangka dasar kita dalam mengelola pelayanan publik, pembangunan dan pemerintahan daerah.”.

Katanya lagi, “Pemerintah telah menerapkan pendekatan yang terintegrasi untuk mempercepat pembangunan di tanah Papua.  Membangun tanah Papua dalam bingkai NKRI, menjadi tugas kolektif semua anak bangsa”.

Oleh karena itu menurutnya pemerintah telah mengambil inisiatif mempercepat pembangunan di tanah Papua, dengan agenda dan dukungan anggaran yang diperlukan.

Untuk memastikan bahwa pembangunan di Papua dan Papua Barat berjalan sesuai rencana dan kebijakan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah, pemerintah membentuk UP4B (Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat).

“Adapun Tugas UP4B itu yakni untuk memastikan terjadinya sinergi, sinkronisasi dan koordinasi semua pelaku pembangunan. Karena dengan pendekatan tersebut secara sistematis dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua dan Papua Barat, Ujarnya.

SBY menyebut kembali Otsus dan UP4B yang implementasinya mengalami kontroversi di Papua. Masyarakat menilai kebijakan tersebut akan menambah konflik yang berkepanjangan.

Selain itu solusi persoalan Papua bukan terletak pada aspek kesejahteraan semata namun yang lebih utama ada pada aspek pelurusan sejarah, dan penegakan hukum dan HAM. Dialog menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan persoalan di Papua.(Tim/ALDP)