Saksi Tidak Hadir, Sidang Ditunda

Saksi Tidak Hadir, Sidang Ditunda

IMG20141126142727Wamena-Terdakwa kasus Pisugi, Yosep Siep dkk menjalani sidang kedua dengan agenda pemeriksaan saksi namun hingga sidang dibuka, tidak ada satu orang saksi yang hadir.

“Kami sudah memanggil 8 orang saksi pada hari ini, namun tidak ada yang datang,” Ujar Kasi Pidum kejaksaan Negeri Wamena, Teguh Basuki,SH,MH yang bertindak sebagai ketua tim Jaksa Penuntut Umum(JPU)di Pengadilan Negeri Wamena.(03/12/2014).

Yosep Siep, Jhony Marian, Ibrahim Marian, Marthen Marian dan Jali Walilo adalah Terdakwa yang diduga berencana menggagalkan pemilu dan membuat bom Molotov di kampung Wara distrik Pisugi.

Mereka ditangkap tanggal 12 Juli 2014, bersama sekitar 13 orang lainnya, disiksa dan kemudian mereka berlima ditetapkan sebagai Tersangka, ditahan di Polres Wamena.

Dakwaan yang dikenakan merupakan dakwaan alternatif, dengan dakwaan Kesatu yakni Pasal 187 ke-1 KUHP Jo Pasal 55 ayat(1) ke-1 KUHP, atau Kedua Pasal 187 bis Ayat (1) KUHP Atau Ketiga Pasal 187 Ter KUHP Atau Keempat Pasal 164 KUHP.

Pada rilis panggilan yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Wamena, nampak bahwa pihak yang diminta untuk menyampaikan Surat Panggilan adalah anggota dari Polres Jayawijaya di Wamena.

“Anggota polisi ini yang kami minta untuk menyampaikan kepada para saksi,” jelas JPU Teguh Basuki, SH.MH.

JPU mengatakan bahwa, dari informasi yang mereka dapat, para saksi yang berasal dari masyarakat, tidak dapat ditemui karena sudah tidak berada di tempat tinggal mereka.

Lanjutnya, “Sedangkan saksi dari kepolisian, mereka menyampaikan masih ada kegiatan pengamanan sehingga belum bisa hadir sebagai saksi”.

Majelis hakim yang terdiri dari Benyamin Nuboba SH sebagai ketua, Muh Amin SH dan Behinds Tulak SH,MH masing masing sebagai anggota kemudian menunda sidang hingga tanggal 9 desember 2014.(Tim/AlDP).