Saksi Kasus Areki Wanimbo dan Jurnalis Asing DiPeriksa

Foto berita keduaWamena-Piter Wanimbo selaku sekretaris Dewan Adat Lani Jaya menjalani pemeriksaan kedua kalinya sebagai saksi atas dugaan kasus makar yang dituduhkan pada Areki Wanimbo.

Pada awal pemeriksaan dirinya mengatakan tidak tahu menahu soal jurnalis asing, sehingga pertanyaan yang diajukan kepadanya terkait Surat Permintaan Sumbangan yang diedarkan oleh Dewan Adat Lani Jaya pada bulan Juli 2014.

“Saya sempat mau ditanya tentang 2(dua) orang bule(jurnalis asing) tetapi saya tidak tahu menahu soal mereka,” jelas Piter Wanimbo. Ada sekitar 28 pertanyaan yang diberikan kepadanya(27/08/2014).

Sedangkan Aki Logo, pria yang sehari-hari berprofesi sebagai penterjemah menjelaskan perkenalan dan pertemuannya dengan kedua jurnalis asing yang diduga melakukan pelanggaran UU keimigrasian pada awal Agustus di Wamena.

“Saya bekerja secara professional, saya diminta untuk menterjemahkan, itu saja” jelas Aki.

Aki juga mengatakan bahwa pada hari kejadian(penangkapan Areki) sebenarnya dia sudah memesankan mobil untuk membawa jurnalis menonton Festival Lembah Baliem.

“Tapi tidak jadi karena diajak ke rumah Pak Areki dulu”.

Dalam perjalanan balik dari rumah Areki menuju hotel, Aki yang membonceng salah seorang jurnalis asing itu kemudian dihentikan oleh Polisi di Jalan Yos Sudarso. Mereka kemudian dibawa ke Polres Jayawijaya.

Pemeriksaan Piter Wanimbo dan Aki Logo berlangsung sejak pukul 11.30 pagi dan berakhir pada pukul 15.30. sore hari.(Tim/AlDP).