Saksi JPU Belum Hadir, Sidang Ditunda

Saksi JPU Belum Hadir, Sidang Ditunda

Persidangan Buktar Tabuni

Jayapura-Sidang perkara Buchtar Tabuni kembali digelar di Pengadilan Negeri klas I A Jayapura dengan agenda pemeriksaan saksi. Buchtar didakwa melakukan tindak pidana  primeir 170 ayat (1) KUHP, subsider pasal 406 ayat (1) Jo 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pada persidangan  kali ini JPU Ahmad Komarubun,SH tidak dapat menghadirkan saksi atas nama Liberti Sitinjak (mantan kalapas Abepura).

Menurut JPU Ahmad Komarubun, SH pihaknya telah memanggil saksi Liberti Sitinjak dan mengkonfirmasikan kehadirannya, ”Tapi sampai dengan saat ini saksi belum hadir dipersidangan,  begitu juga  dengan saksi lainnya yang ada dalam berita acara pemeriksaan (BAP),” ujar Ahmad Komarubun.(23/07/2012).

Haris Munandar, SH selaku hakim ketua menegaskan supaya JPU dapat  menghadirkan saksi-saksi yang ada dalam BAP sehingga persidangan dapat berjalan maksimal mengingat ada sepuluh saksi sesuai isi BAP. Menanggapi pernyatan hakim ketua, JPU mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk menghadirkan para saksi.

Dalam persidangan kali ini Gustaf Kawer SH dari tim Penasehat Hukum Buchtar meminta kepada hakim supaya tegas dalam menentukan jadual persidangan, katanya, “sehingga masing-masing pihak baik itu hakim, jaksa maupun pengacara dapat menjaga keamanan saat berlangsungnya proses persidangan ini”.

Dikarenakan JPU tidak dapat menghadirkan saksi-saksi dalam persidangan maka sidang ditunda pada hari kamis 26 Juli 2012 dengan agenda yang sama, pemeriksaan saksi yang dihadirkan oleh JPU.

Untuk diketahui persidangan ini dipimpin oleh wakil ketua Pengadilan Negeri klas IA Jayapura  (Haris Munandar, SH) sebagai ketua majelis hakim dan dua orang hakim anggota yakni Thomas Adi, SH dan Syors Mambrasar, SH sedangkan tim penasehat hukum Buchtar merupakan gabungan pengacara dari berbagai LSM di tanah Papua.(Tim/AlDP).