Saatnya Kampanye Dialog Menawarkan Kerangka Yang Jelas

IMG_5242Jayapura – “AlDP harus tetap berperan dalam kampanye dialog dengan pekerjaan yang strategis,” Ujar Theo Van Den Broek, Ketua Badan Pengurus AlDP saat memberikan tanggapan pada acara Evaluasi Tahunan AlDP di Padang Bulan, Jayapura(06/02/2015).

Lanjutnya,”Pada pemerintahan yang baru, kampanye dialog harus lebih maju apalagi presiden Jokowi menyatakan kesediaanya untuk mendengar, ini penting untuk cepat direspon!”.

Dirinya mengingatkan bahwa pada saat ini seharusnya sudah ada tawaran kerangka dialog yang jelas dari pihak-pihak yang terlibat secara serius dan intensif untuk kampanye itu.

“Jika tidak, kita hanya jalan dengan tangan kosong, baik untuk isi waktu tapi tidak baik untuk maju,” tandasnya.

Menurutnya peran pemerintah lokal harus juga dilibatkan dengan agenda-agenda yang konkrit sehingga tidak terbatas pada pernyataan-pernyataan di media.

“Setiap orang yang mendukung dialog, harus berpikir untuk mencari lebih banyak ruang-ruang agar dialog dapat bergerak lebih maju, kita perlu mencari pintu masuk yang lain”.

AlDP sejak awal terlibat kampanye dialog bersama JDP, secara khusus AlDP melakukan kampanye di tingkat komunitas masyarakat sipil yang non Papua, mulai dari konsultasi public, forum kajian indicator Papua tanah damai, Jaringan fasilitator dan kegiatan lainnya.

“Harus tetap fokus pada tujuan yakni mendorong dialog. Soal komunitas Papua dan non papua, akan mencair dengan memahami tujuan yang sama yakni dialog,” pesannya.

Evaluasi tahunan AlDP dihadiri oleh Badan Pelaksana, Badan Pendiri yakni Thaha M Alhamid dan Iwan Niode, serta Pastor John Jonga,Pr dan Theo Van Den Broek sebagai Badan Pengurus.(Tim/AlDP).