Robby Erik Pekey Praperadilankan Polres Jayawijaya

Robby Erik Pekey Praperadilankan Polres Jayawijaya

Wamena-Akhirnya Robby Erik Pekey melakukan praperadilan terhadap pemerintah RI,Kapolri, Kapolda Papua dan Kapolres Jayawijaya.Praperadilan yang telah didaftarkan tanggal  22 Juli 2015, dimulai tanggal 28 Juli 2015 di Pengadilan Negeri Wamena.

Sidang dipimpinan oleh hakim Ottow Siagian SH dan Budiman sebagai Panitera Pengganti. Hadir dari pihak Pemohon adalah Latifah Anum Siregar SH,MH dan Simon Patiradjawane,SH. Sedangkan Termohon diwakili oleh 4(empat) orang Penasehat hukum yang merupakan gabungan dari Polda Papua dan Polres Jayawijaya.

Tim Koalisi untuk Perdamaian, Hukum dan HAM Pengunungan Tengah yang dikoordinir oleh Theo Hesegem mengatakan bahwa Praperadilan yang dilakukan bukan untuk mencari kesalahan polisi akan tetapi  untuk memastikan bahwa proses hukum yang dijalankan telah memenuhi prosedur atau tidak.

Tim Koalisi yang dipimpinannya, merupakan gabungan dari beberapa pengacara LSM dan juga aktifis HAM yang berfokus pada advokasi hak-hak masyarakat sipil.

Sidang diawali dengan mengecek legalitas Penasehat hukum baik dari Pemohon dan Termohon.

Kemudian Pemohon mengajukan pemohonan melalui hakim untuk menghadirkan Pemohon Prinsipal  yakni Robby Erik Pekey. Pemohon Prinsipal Robby Erik Pekey hingga kini masih di RSUD Wamena untuk menjalani rawat inap akibat penembakan yang dialaminya.

Hakim menunda sidang untuk keesokan harinya(29/07/2015) untuk mendengarkan Jawaban dari Termohon.

Robby Pekey mahasiswa Akademi Keperawatan Wamena, ditangkap oleh polisi tangagl 21 Juni 2015 atas tuduhan melakukan pencurian.(Tim/AlDP).