Ribuan Warga Antusias Saksikan Upacara Kemerdekaan

Ribuan Warga Antusias Saksikan Upacara Kemerdekaan

Upacara Bendera 17 Agustus

Jayapura – Ribuan warga Kota Jayapura tumpah ruah menyaksikan upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-67 di lapangan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Jumat 17 Agustus 2012.

Warga terdiri dari segala usia membanjiri sekitar Buper yang akan menjadi tempat pelaksanaan Raimuna nasional X pada 8 – 15 Oktober mendatang.
Upacara pengibaran bendera Merah Putih dipimpin Kolonel I Made Suharsana diawali dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali sebagai tanda detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Bertindak selaku inspektur upacara adalah penjabat gubernur Papua Syamsul Arief Rivai.
Setelah dentuman meriam, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta, pembacaan doa, dan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera.
Peringatan kali ini diwarnai pula dengan pertunjukan 600 lebih penari Yospan, tarian kolosal merah putih dan diakhiri dengan atraksi terjun payung gabungan TNI/POLRI. Dalam aktraksi terjun payung tersebut terdapat dua Kowad TNI AD yang berasal dari Papua.
Peserta upacara terdiri atas jajaran TNI, Polri, satuan polisi (satpol) pamong praja (PP), pelajar di Jayapura, termasuk pegawai negeri sipil (PNS) dan para veteran. (02/ALDP)