Berita

Reboisasi Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Serui-Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan di lapangan upacara kampung Turu distrik Yapen Selatan.(05/06/2012).

Dalam sambutan menteri Lingkungan Hidup, yang dibacakan oleh Plh. Kepala Badan Lingkungan Kepulauan Yapen, Yuliana Hambore, bahwa dunia saat ini sedang menghadapi perubahan iklim yang ekstrim. Berbagai dampaknya sudah ada terlihat didepan mata berupa angin kencang, longsor, banjir, kenaikan suhu bumi dan lain sebagianya termasuk bencana kelaparan.

Maka peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini dengan tema ekonomi hijau (green economic) untuk mengingatkan manusia akan perilaku manusia yang harus ramah lingkungan dan memperhatikan keseimbangan alam. “Perlu ada perubahan paradigm cara pandang dan perilaku manusia terhadap lingkungan,” Ujarnya.

Kepala Distrik Yapen Selatan, Daud Kamarea,SH dalam sambutannya mengharapkan bahwa perayaan kali ini tidak hanya seremonial biasa saja tetapi harus ada aksi nyata dalam rangka menyelamatkan bumi dari ancaman global warming yang sudah menggejala ke seluruh muka bumi.

Tanggung jawab menyelamatkan bumi bukan hanya ada pada satu pihak atau pemerintah saja atau satu negara saja, tetapi kepada semua warga negara yang ada dan hidup di atas muka bumi. Upacara ikuti oleh Ormas dan siswa SD,SMP dan SMA yang ada di kota Serui.

Sementara itu SMA Negeri 1 Serui dalam rangka peringatan Hari lingkungan hidup internasional melakukan aksi reboisasi sepanjang jalan di kota Serui. “Kantor Tata Kota dan Dinas Kehutanan membantu kami dengan menyediakan bibit 1000 koker dengan berbagai jenis bunga dan beringin,” kata Piter Torobi guru yang mengkordinir kegiatan ini.

Kegiatan penanaman pohon dalam rangka menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab siswa/i terhadap lingkungan hidup. Selain itu dalam rangka menyelamatkan bumi atas perubahan iklim yang mengancam umat manusia akibat pemanasan global.

Menurut Oktofina siswa kelas 2 SMU Negeri 1 “Apa yang kami lakukan hari ini walau dalam skala kecil dan sedikit tetapi semoga bisa bermanfaat bagi umat manusia”. Katanya, sekecil apapun yang dilakukan hari ini akan sangat menentukan masa depan manusia di muka bumi. (04/AlDP)