Pustu Tarfia Lebih Sering Tutup

Pustu Tarfia Lebih Sering Tutup

Jayapura – Pustu Kamdera(Tarfia) distrik Demta Kab Jayapura mulai ’hidup’ kembali setelah tanggal 27 Juni 2012, seorang bidan baru  ditugaskan dari Puskesmas Demta.

Sebelumnya sekitar 6 bulan belakangan ini, Pustu praktis tidak buka. Perawat perempuan yang ditugaskan sebelumnya jarang berada di kampung Tarfia dan  mantri yang ada meskipun menetap di kampung Tarfia namun jarang melakukan pelayanan.

“Mantri jarang buka Pustu,” demikian ungkapan seorang warga Tarfia.(29/06/2012).” Kita tidak tahu apakah ada suster atau perawat di sini”.  Menurutnya mantri Pustu lebih sering urus bisnis ikannya daripada hadir di Pustu padahal jarak dari Pustu dan rumahnya tidak begitu jauh, ”Kami biasanya cari ke rumah baru mantri buka Pustu atau dia tidak ada”.

Akibatnya masyarakat menangani penyakit dengan caranya sendiri, kadang mereka pergi ke Puskesmas di Demta atau meminum ramuan tradisional.” Atau tinggal-tinggal begitu saja di rumah,” katanya lagi.

Bidan Umi yang baru tiba, disambut hangat oleh warga Tarfia, mereka berharap bidan Umi betah di Tarfia dan mau melayani warga. Anak-anak dan ibu-ibu berdatangan menyapanya di Pustu.

Bidan Umi pun melayani pasien di hari pertamanya dengan senyum meskipun sambil  membersihkan ruangan Pustu yang tak terawat termasuk untuk mengecek kembali obat-obatan yang ada.(Tim/AlDP).