Puskesmas Sowek Melayani dengan Speadboat
Kantor MRP Papua, Jayapura

Puskesmas Sowek Melayani dengan Speadboat

Supiori – Puskesmas Sowek merupakan Puskesmas utama di distrik kepulauan Aruri yang melayani penduduk di 8 kampung. Puskesmas Sowek memiliki 6 perawat, 2 dokter,2 bidan dan 1 analis.

Puskesmas Sowek dibangun pada tahun 2007 merupakan Puskesmas berlabuh yang memiliki ruang rawat inap, ruang BKIA selain ruang pemeriksaan. rumah dokter dan perawatnya  tertata baik di atas laut.

Untuk wilayah pelayanan Puskesmas Sowek, ada 2 pustu yang rusak dan tidak layak pakai yakni Pustu Yambarai di Ineki dan Mangonswan. Hingga saat ini belum dibangun kembali sehingga pihak puskesmas melakukan pelayanan keliling untuk mengantisipasi situasi tersebut.

Pasiennya berkisar ada 30-40 orang setiap hari dengan jenis penyakit malaria, ispa dan belakang sakit karena kelelahan bekerja. Kadang muncul wabah malaria seperti kejadian yang baru saja melanda kampung Sawendi dan Insumbabi “tapi cepat diatasi”.

Puskesmas Sowek melakukan pelayanan puskesmas keliling setiap bulan dengan menggunakan motor laut(speedboat). “kami punya 2 speadboat,” ujar Suster Nela Manggaprow kepalas Puskesmas Sowek saat ditemui AlDP Online di Puskesmas Sowek.

Untuk memaksimalkan pelayanan Puskesmas Sowek juga dilengkapi dengan genset terutama untuk melakukan tindakan medis yang membutuhkan dukungan listrik.

“Semua pengobatan didahului dengan pemeriksaan, kalau bisa dilakukan pencegah itu lebih baik, sebab rumah sakit jauh harus menyeberang laut jadi warga diharapkan dapat memperhatikan kesehatan mereka”.(Tim/AlDP).