Puskesmas Dipalang, Pelayanan Kesehatan Di Teras Rumah Warga

Puskesmas Dipalang, Pelayanan Kesehatan Di Teras Rumah Warga

Jayapura-Puskesmas Abepura yang terletak di raya Jalan Abepura-Sentani, tepatnya di Kelurahan Hedam, Distrik Heram kota Jayapura, terpaksa terganggu pelayanan kesehatannya, lantaran dipalang oleh pemilik tanah.
“Pemalangan Puskesmas ini, sejak 4 Desember Tahun 2013 lalu. “Kata” Kepala Puskesmas Abepura Dr.Isye Ayomi Kepada Aldp Online (28/01/2014) di Padang Bulan.
Selama Puskesmas dipalang, pelayanan kesehatan di Puskesmas abepura tidak terhenti. Pelayanan kesehatan tetap  berlangsung dengan mengunakan mobil operasional sebagai pelayanan keliling dalam bentuk Puskesmas keliling atau Pusling.
Pejabat pemerintah, dalam hal ini dinas kesehatan kota jangan menutup mata dalam melihat hal ini, kerja tidak kerja, kami punya gaji, tapi bagaimana dengan pelayanan dasar masyarakat,” katanya lagi.
“Setelah dipalang, awalnya kami membuka posko-posko pelayanan kesehatan di luar pagar depan kantor, namun, kami dilarang lagi oleh pemilik tanah, sehingga kami pindah. Barulah berpindah ke tempat yang berikut itupun, kami masih diusir”.
Menurutnya, dengan model pelayanan seperti itu tentu sangat berbahaya, dimana harus melayani masyarakat baik itu, ibu, anak maupun bayi yang tepat berada di tepi jalan.
“Untuk pelayanan yang sifatnya minum, suntik, tensi darah itu mudah. Namun yang sangat urjen dan menjadi kebutuhan yang sering dilayani yakni untuk  apotik dan laboratorium”.
“Untuk sementara, kami melayani warga-masyarakat yang datang berobat di teras rumah Oma Dina Heipon yang mau memberikan rumahnya untuk melayani masyarakat yang memerlukan pengobatan. Entah sampai kapan, baru kami dapat melayani dengan sebagaimana biasanya,” Ungkapnya prihatin.(RM/AlDP)