Puluhan Kampung di Merauke Tak Dialiri Listrik

Puluhan Kampung di Merauke Tak Dialiri Listrik

Salah Satu Kampung di Merauke

Merauke – Puluhan kampung di Merauke, Papua, belum dapat menikmati listrik. Beberapa bahkan berpuluh tahun masih tinggal dalam gelap. “Kalau tidak percaya, langsung saja ke kampung, lihat sendiri bagaimana masyarakat hidup pakai penerangan seadanya,” kata Albert Moyuend, Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malind Anim, belum lama ini.

Ia mengatakan, sesungguhnya, setelah Merauke berusia 110 tahun, masalah penerangan bukan lagi jadi persoalan. “Tapi sebaliknya, kita mau bilang pemerintah yang salah ataukah masyarakat yang tidak berkepentingan dengan listrik, tidak tahu, ” ujarnya.

Menurut dia, kebutuhan dasar warga adalah, pendidikan, kesehatan, sarana infrastruktur yang baik, dan penerangan. “Anak-anak tidak dapat belajar dengan baik lantaran harus memakai pelita. Sementara uang begitu banyak dialirkan ke kampung, apakah pengelolaan keuangan yang belum baik, ini harus didalami lagi,” katanya.

LMA, kata dia, tetap konsen untuk pengembangan hidup dan hak masyarakat. Jikalau sebidang tanah milik warga bisa diambil pemerintah untuk diserahkan pada perusahaan, sejatinya, pemilik ulayat mendapat kesempatan untuk sejahtera. “Tapi ini kan tidak. Mau tunggu kapan lagi, tunggu pemerintah baru lagi?” tanyanya.

Puluhan kampung belum teraliri listrik terutama bagi kampung lokal yang sulit dijangkau. Pemerintah daerah membantu sollarcel atau perangkat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) secukupnya. “Tapi itu kan ada yang sudah rusak. Lihat saja sepanjang Nasem sampai Kondo, masyarakat kesulitan.”

Kepala Bidang Kelistrikan dan Pemanfatan Energi Dinas Pertambangan dan Energi Merauke Frans Anggawen menjelaskan, hingga tahun 2011, telah diberikan bantuan sebanyak 586 PLTS di tujuh kampung.

295 unit bantuan merupakan program dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), 180 unit PLTS berasal dari Pemkab Merauke, dan 11 unit PLTS bantuan program Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. “Tahun ini ada pemasangan unit PLTS lagi di Kampung Domande, dari Kementerian PDT,” kata dia. (02/ALDP)