Berita

Puluhan Bintang Kejora Dikibarkan di Manokwari

Bendera yang disita dari pengunjuk rasa

Manokwari – Puluhan bendera Bintang Kejora berbagai ukuran dikibarkan di Manokwari dalam aksi unjuk rasa ratusan warga Papua yang tergabung dalam Negara Republik Federasi Papua Barat (NRFPB), di ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari, Selasa 2 Oktober 2012.

Bintang Kejora berkibar tepat di perempatan H. Bauw Distrik Wosi, jalan yang menghubungkan bandar udara dan pelabuhan di Manokwari. Bendera itu diikat pada batang kayu yang kemudian dilambaikan sambil melakukan orasi.

“Kami mengecam tindakan brutal aparat yang telah melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia di Tanah Papua,” kata seorang demonstran. Massa juga menuntut pemerintah Indonesia mengusut sejumlah pelanggaran HAM di Tanah Papua. Mereka menuding Amerika Serikat, PBB, Indonesia dalam poster yang diusung sebagai pelaku pelanggaran HAM di Tanah Papua.

Polisi dari Polres Manokwari membubarkan aksi unjuk rasa dengan cara memberi tembakan peringatan ke udara beberapa kali diikuti gas air mata. Tembakan ini membuat pengunjuk rasa berhamburan.

Memanfaatkan keadaan itu polisi lalu mengejar orang yang diduga membawa Bintang Kejora. Beberapa bendera khirnya disita petugas.

Sejumlah pengunjuk rasa sempat ditahan oleh polisi, namun mereka dilepas kembali menyusul adanya jaminan dari rekan-rekan mereka yang berjanji akan menggelar unjuk rasa dengan tertib.

Setelah ricuh, aksi demo kembali berlangsung tertib. Meski demikian sejumlah ruas jalan di Manokwari sempat macet, sejumlah pemilik toko juga menutup tokonya setelah mendengar kabar kericuhan ini. (DM/Manokwari)