Prof Azyumardi Azra : Dialog Perlu Terobosan

Prof Azyumardi Azra : Dialog Perlu Terobosan

Jayapura-Prof.Dr.Azyumardi Azra, seorang cendikiawan muslim ternama  menyampaikan pandangannya mengenai acuan untuk membangun suatu pendekatan dialog dihadapan peserta Konferensi VI Antariman Indonesia di hotel Sentani Indah kabupaten Jayapura.(20/05/2014).

“Pihak pihak yang muncul harus bisa diterima oleh kedua belah pihak oleh karena itu akan menjadi legitimate karena merupakan representasi dari pihak-pihak yang ada”.

 “Semua pihak harus diperlakukan setara tidak ada yang lebih tinggi apalagi yang mencerminkan kekuasaan. Dignitynya harus dipertimbangkan, respek dalam berbagai aspek,” tegasnya.

“Trust adalah bagian lain yang penting sebab tidak mungkin kita mau bedialog tapi kita sembunyikan sesuatu di belakang meja”

Hal lain yang menurutnya penting adalah dapat menunjukkan empati terhadap masyarakat di Papua serta harus terbuka dan penuh keikhlasan.

“Hal terakhir yang penting adalah sifatnya solutif dan implementatif dalam berbagai aspek terutama politik”.

Dirinya juga menegaskan bahwa pendekatan dialog yang simultan perlu dilakukan baru setelah itu dapat sampai pada dialog politik.

 Prof Azyumardi Azra pun menambahkan bahwa ketika memperjuangkan dialog diperlukan terobosan dan pemerintah mesti punya nyali.

“Kalau formalitas maka tidak mungkin. Aceh melalui terobosan juga. Saat JK menemui Hasan Tiro di satu sungai di .Swedia. Terobosan (nonformal) seperti itu yang kita cari”.

Dirinya berharap terobosan akan muncul di pemerintahan yang akan datang.(Tim/AlDP).